Muslim Tionghoa Ikut Aksi Bela Islam dengan Memungut Sampah

150640_328934_muslim_tionghoa_jpnn
Seorang peserta Aksi Bela Islam II dari kalangan muslim Tionghoa yang sedang memunguti sampah di dekat Istana Negara, Jumat (4/11). Foto: Ken Girsang/JPNN.Com

JAKARTA – Muslim dari kalangan Tionghoa ikut berpartisipasi dalam Aksi Bela Islam II yang digelar di depan Istana Negara, Jumat (4/11).

Namun, mereka mengikuti aksi dengan cara berbeda. Mereka tidak berorasi, tapi malah mengundang simpati.

Sejumlah muslim keturunan Tionghoa terlihat membawa kantong plastik hitam berukuran sekitar satu meter.  Mereka kemudian memunguti setiap sampah yang bertebaran di jalan.

Mereka memunguti sampau sembari menyapa massa pengunjuk rasa. “Ini bagian dari partisipasi kami. Apa yang bisa kami lakukan, maka akan kami lakukan,” ujar Supri, salah seorang massa yang memunguti sampah? persis di samping Gedung Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jumat (4/11).

Menurut Supri, ada belasan orang dari muslim Tionghoa yang melakukan aksi bersih-bersih. Mereka merasa terpanggil ikut memberi sesuatu yang terbaik demi mendukung kelancaran aksi.

“Kami independen, tidak dari kelompok mana pun,” ujar pemuda dua puluhan tahun itu.

Aksi belasan umat muslim warga keturunan Tionghoa ini rupanya cukup menarik simpati pengunjuk rasa lainnya. Bahkan ada yang dengan sukarela membantu aksi mereka. Sementara lainnya menjabat tangan, sembari mengajak foto bersama.?(gir/jpnn)