Musik Dol Pukau Peserta Pekan Olahraga Tradisional

dOLBENGKULU, bengkuluekspress.com – Penampilan musik dol memukau peserta pekan olahraga tradisional tingkat nasional V di Bengkulu. Musik khas Bengkulu tersebut ditampilkan dalam acara pembukaan yang berlangsung di halaman Sport Center Kota Bengkulu, Selasa (10/10/2017).

Antusias terlihat dari para kontingen yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dengan mengabadikan foto dan video.

Pekan olahraga tradisional dibuka langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Rohidin menyampaikan pelan olahraga tradisional bukan sekedar even yang rutin dilaksanakan. Olahraga tradisional juga mengandung nilai nilai budaya yang diangkat dari kultur dan kearifan lokal bangsa Indonesia sejak dulu kala.

“Olahraga berupa gerakan fisik memang dibutuhkan dalam olahraga tradisional namun unsur kekompakkan, kebersamaan juga sangat dibutuhkan,” ujar Rohidin.

Dikatakan Rohidin, hampir diseluruh provinsi di Indonesia memliki olahraga tradisional dengan ciri khas dan ragam yang berbeda. Umumnya olahraga tradisional berasal dari permainan rakyat.

“Kita bersyukur sebagai bangsa Indonesia hampir sebagian besar olahraga tradisional mempunyai kemiripan dari setiap daerah walaupun dengan nama berbeda. Inilah yang melatarbelakangi mengapa olahraga tradisional di selenggarakan,” terang Rohidin.

Selain penampilan musik dol, dalam acara pembukaan hari ini juga ditampilkan kesenian barong landong.

Pekan Olahraga Tradisional tingkat nasional akan digelar dari tanggal 09 sampai 12 Oktober 2017 dipusatkan di Lapangan Sport Center Kota Bengkulu. Beberapa permainan yang dilombakan diantaranya hadang, terompah panjang, sumpitan, egrang dan beberapa permainan tradisional lainnya. (Dil)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*