Murid SD Lebih Suka Buka Internet Daripada Baca Buku

Hj Sri Gusti Sabana SH
Hj Sri Gusti Sabana SH

KOTA MANNA, BE – Para orang tua di Bengkulu Selatan (BS) khususnya wilayah Kota Manna harus pro aktif dalam mendidik anaknya. Pasalnya dari jumlah peminat lomba bercerita yang digelar kantor Perpustakaan dan Arsip BS, jumlah murid SD Kota sangat minim.
“Dari 30 pendaftar untuk lomba bercerita tingkat SD sederajat, hampir semuanya dari SD di pedesaan, sedangkan murid SD dalam kota hanya beberapa orang saja,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip BS, Hj Sri Gusti Sabana SH kemarin.
Menurut Sri Gusti, dari daftar peserta lomba bercerita anak ini, diperkirakan minat baca murid SD di pedesaan lebih tinggi dari murid SD perkotaan. Hal ini kuat dugaan jika murid SD di kota sudah mulai mencintai teknologi internet dari pada membaca. Lebih-lebih lagi saat ini hampir semua murid SD sudah dibelikan handpone oleh orang tuanya. Sedangkan untuk mendapatlan paket internet di handpone pun sangat murah.
“Bisa saja rendahnya peminat lomba bercerita anak, karena anak di kota sudah lebih suka main game di internet dari pada membaca buku,” ungkapnya.
Atas kondisi ini, dirinya pun prihatin, sebab meskipun ada sisi positifnya pada dunia internet, namun banyak sisi negatifnya, Untuk itu dirinya pun menghimbau para orang tua agar dapat mengarahkan anaknya untuk menumbuhkan minat baca.
“Semoga menjadi catatan para orang tua, ke depannya para orang tuanya pun dapat menumbuhkan minat baca anak-anaknya dan tidak mengutamakan main internet,” harap mantan kepala Kesbangpol BS ini. (369)