Muncul 19 Balon DPD RI Verifikasi Dukungan Pakai Aplikasi SIP3

: Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan  Saputra membuka sosialisasi pendaftaran dan  verifikasi calon anggota DPD RI dapil Provinsi  Bengkulu Pemilu tahun 2019, Selasa (10/4).
: Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra membuka sosialisasi pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD RI dapil Provinsi Bengkulu Pemilu tahun 2019, Selasa (10/4).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Persiapan pendaftaran calon anggota DPD RI peserta Pemilu 2019 sudah semakin matang. Proses pendaftaran yang dikembangkan KPU adalah menggunakan aplikasi komputerisasi yang disebut SIP3

(Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu). Program ini akan membantu pihak KPU dalam melakukan verifikasi kepemilikan e-KTP yang nantinya menjadi syarat wajib bagi bakal calon anggota DPD RI.

“Artinya proses pendaftaran, verifikasi dukungan yang diserahkan bakal calon nanti menggunakan aplikasi ini untuk mempertajam tingkat transparasi dan akurasi proses verifikasi, seperti kegandaan, atau dukungan tak memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra SAg, MM saat melakukan sosialisasi tentang pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD RI Daerah Pemilihan Provinsi Bengkulu di Hotel Splash, kemarin (10/4).

Dijelaskannya, selama ini KPU cukup keteteran dalam melakukan verifikasi adminstrasi dan faktual terhadap dukungan e-KTP yang diserahkan bakal calon, karena masih dilakukan secara manual. Apalagi para bakal calon ini pada umumnya menyerahkan dukungan di detik-detik akhir, sehingga diakuinya bahwa tingkat validitas tidak terjamin. Bahkan, tak menutup kemungkinan bakal calon melakukan kecurangan tanpa disadari oleh pihak penyelenggara.

“Kalau manual tentu rawan terjadi kecurangan atau manipulasi data. Nah, dalam program aplikasi baru ini bisa mendeteksi e-KTP ganda, non elektronik secara cepat dan tepat. Tentu mempermudah kerja KPU serta menjamin akuntabilitasnya,” terang Irwan.
Adapun syarat minimal dukungan e-KTP yang wajib dikumpulkan oleh bakal calon yakni 2 ribu e-KTP dengan tingkat penyebaran minimal di 5 kabupaten di Provinsi Bengkulu. Sedangkan untuk pendaftaran dibuka mulai tanggal 22-26 April 2018 di kantor KPU Provinsi Bengkulu.

Sesuai dengan daftar hadir sosialisasi tersebut, terdapat 19 nama yang diprediksi akan mencalon DPD RI, beberapa nama diantaranya merupakan incumbent dan tokoh-tokoh yang cukup kuat, seperti H Ahmad Kanedi, Riri Damayanti, Hermen Malik, Agung Gatam, Dr Heri Budianto, Hj Eni Khairani, Sultan B Najamudin, dan Prof Dr Juanda.

“Artinya yang hadir dalam sosialisasi ini yang terkonfirmasi kepada kami. Tetapi apakah mereka semuanya akan ikut menyerahkan dukungan, tentu kita lihat nanti. Karena belum bisa dipastikan mereka semuanya mengikuti proses sebagai bakal calon,” ungkapnya. (805)