Mobnas untuk Desa Rp2,5 M

MObil desaTAIS, BE- Setelah sukses di tahun 2014 lalu dengan pengadaan kendaraan dinas bagi sejumlah kepala desa. Namun ditahun 2015 ini Pemkab Seluma melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika kembali akan membeli sejumlah mobil dinas (mobnas) untuk desa dengan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) bidang perhubungan.

“Beberapa tahapan akan dilalui dengan masih menunggu lembaga kebijakan pengadaan pemerintah (LKPP). Karena untuk masalah harganya ditetapkan oleh LKPP,” ujar Kadishubkominfo Syaiful Anwar MPd melalui Kabid Perhubungan Darat Junaidi SE.

Disampaikan, setelah setelah ada penetapan harga dari LKPP barulah dilakukan pembelian mobnas desa oleh Dishubkominfo Seluma. Sedangkan,  untuk jenis mobnasnya sama seperti sebelumnya. Dengan pengadaan jenis Singel Cabin. Setelah sebelumnya memang untuk desa yang ada di pedalaman dan sudah ditempuh sudah mendapatkan kendaraan double cabin.

Sehingga saat ini tinggal desa dipedalaman tapi yang aksesnya tidak terlalu sulit untuk ditempuh.

“Untuk jenis mobilnya bisa jenis Hilux Single Cabin atau jenis mobil Suzuky Carry yang penting jenis bak terbuka,” ujarnya.

Sejumlah desa sendiri saat ini sudah menyampaikan usulannya ke Dishubkominfo untuk meminta kendaraan jenis mobil operasional desa. Karena desanya saat ini masih terisolir. Sehingga masyarakat setempat membutuhkan angkutan massal untuk bisa keluar dari desa mereka.

Hanya saja, desa mana saja yang akan mendapatkan kendaraan dinas di tahun 2015 ini. Junaidi belum bisa memastikan, mengingat kendaraan itu sendiri memang belum ada dan masih menunggu sejumlah tahapan. “Jelas yang mendapatkan Mobnas mereka yang belum menerima kendaraan hanya saja kendaraan tersebut saat ini memang belum ada,” singkatnya.(333)