Senin, 11/03/2013 - 19:15 WIB
Kaur ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

Miskin, Listrik Gratis

BINTUHAN,BE – Tahun 2013 ini warga Miskin akan kembali mendapatkan bantuan alokasi pemasangan listrik gratis dari Program Listrik Desa (Lisdes) PLN Area Bengkulu. Total listrik gratis yang baru diusulkan terdapat pada 10 kecamatan yang belum menerima bantuan tahun 2012 lalu. Namun realisasinya akan dilakukan pada tahun 2013 ini, sebanyak 1.400 Unit Rumah.

“Ini masih usulan ke PLN yang bekerjasama dengan Kementrian ESDM pusat, sehingga program listrik gratis ini akan segera direalisasikan,” ujar Kadishutbang ESDM Kaur Ir H Ahyan Endu melalui Kabid Pertambangan Hari MK Laksana ST, kemarin.

Dikatakanya, jumlah 1.400 tersebut tersebar di 15 kecamatan diantaranya untuk Kecamatan Kaur Tengah sebanyak 109, Kaur Selatan sebanyak 204, Kelam Tengah sebanyak 15, Luas sebanyak 168, Lungkang Kule sebanyak 20, Maje sebanyak 325, Muara sahung sebanyak 138, Nasal sebanyak 124, Tanjung Kemuning sebanyak 266 dan Tetap sebanyak 31. “Jumlah tersebut kemungkinan bisa bertambah, karena saat ini masih dalam pendataan. Makanya data sementara ini masih 1.400,” jelasnya.

Pada tahun 2012, kata Hari, terdapat 5 kecamatan yang telah mendapatkan yakni Kecamatan Kaur Selatan, Tetap, Lungkang Kule Kaur Tengah dan Muara Sahung. Pada tahun ini, penyambungan listrik gratis yang diusulkan tahun 2012 akan dilakukan. Sebanyak 330 unit rumah akan dilakukan pemasangan. Pemda Kaur mendapat kuota sebanyak 150 kwh dari PLN cabang Bengkulu.

Sebelumnya Pemda Kaur sudah mengusulkan sebanyak 500 Rumah Tangga Sasaran (RTS) untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Namun lantaran masih terkendalanya meteran sehingga yang disetujui pada tahun 2012 lalu hanya 330 RTS. “Makanya saat ini masih menunggu meteran, informasi terakhir yang saya terima dari PLN akan secepatnya dilakukan, sambil menyusul dengan usulan berikutnya,” jelasnya.

Dikatakannya, Dinas Kehutanan Pertambangan dan ESDM (Dishutper dan ESDM) Kaur mengingatkan warga Kabupaten Kaur mengawasi dan melaporkan jika ada oknum yang mengaku bisa mengurus administrasi untuk listrik gratis dan bisa mendapatkan program tersebut namun meminta imbalan sejumlah uang.

Sebab, program listrik gratis bagi warga miskin itu sama sekali tidak dipungut biaya dan bantuan dari PLN kepada warga yang membutuhkan penerangan listrik. “Ini tidak ada pungutan sama sekali, murni bantuan PLN yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu seluruh biaya pemasangan digratiskan dan tidak dipungut bayaran,” jelasnya.(823)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× 5 = dua puluh lima

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved