Minta Trans Minta Jadi Desa

PINO RAYA, BE – Menginat pemukiman transmigrasi di Desa Karang Cayo, Bengkulu Selatan (BS) sudah 5 tahun berdiri, warga  trans pun minta agar  mereka berpisah dari Desa Karang Cayo atau dimekarkan.
“Kami mengharapkan Pemda dapat memekarkan desa kami dari Desa Karang Cayo,” kata salah satu tokoh masyarakat Transmigrasi Karang Cayo, Suwondo, Minggu kemarin.
Menurtnya, alasan warga Trans Karang Cayo yang memiliki 200 kepala keluarga (KK) atau sekitar 1000 jiwa itu, untuk memisahkan diri dari Desa Karang Cayo atau menjadi desa definitif, diantaranya untuk memudahkan  pengurusan administrasi desa. Sebab, jarak Desa Karang Cayo dengan lokasi transmigrasi sejauh 7 km.
Selain itu, kondisi jalan yang masih berlumpur juga menjadi alasan warga untuk memisahkan diri dari Desa Karang Cayo, serta di lokasi trans ini sudah ada SD dan SMP.
“Jika kami menjadi desa definitif, memudahkan warga kami untuk mengurus desa kami,” ucapnya.  Suwondo bersama warga trans lainnya juga sudah pernah mengajukan permohonan pemekaran desa ke Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) BS tahun 2010 dan 2011 lalu. Hanya saja belum ada tanggapan.
Untuk itu, Suwodo berharap Pemda BS, baik eksekutif maupun legislatif menyetujui pemekaran  desa tersebut. “Harapan kami pemda dapat menyetujuinya,” tutup Suwondo.(369)