MIN Kekurangan Fasilitas


ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress- Kabupaten Bengkulu Utara (BU) hanya memiliki 2 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN, dan 14 MI swasta yang tersebar di 19 kecamatan. Namun mayoritas MIN tersebut masih minim fasilitas belajar-mengajar.
Untuk itu, sudah seharusnya keterlibatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) serta kalangan perusahaan swasta bersama-sama membangun pendidikan yang berbasis agama Islam ini.
Kepala MIN Kota Arga Makmur, Hambali membenarkan mengenai kekurangan fasilitas itu. Bahkan, di MIN Arga Makmur memiliki sebanyak 254 murid hanya 8 ruang kelas.

‘’Dari segi ruang kelas saja kita sudah kekurangan. Belum lagi fasilitas pendukung lainnya,’’ ujarnya.
Menurut Hambali, Kabupaten BU sangat memerlukan tambahan MIN. Karena, sampai saat ini, MIN hanya ada di Kecamatan Kota Arga Makmur dan Ketahun. Sedangkan, sisanya berstatus MI swasta. Padahal, terdapat 19 kecamatan di Kabupaten BU.

‘’Di Kabupaten Bengkulu Utara, hanya da 2 MIN saja. Jumlah ini sangat jauh kekurangan, jika dibandingkan dengan 14 MI swasta yang tersebar hampir di setiap kecamatan,’’ ungkapnya.
Ia berharap MIN juga mendapatkan tambahan sarana dan prasarana pendukung, agar tidak tertinggal jauh dibandingkan MI swasta. Untuk itu, perlu dukungan dari pemerintah dan kalangan swasta, agar kekurangan itu dapat diatasi.

‘’Peminat MIN sampai saat ini masih banyak. Hanya saja, kita masih kekurangan fasilitas untuk menampung seluruh murid yang ada,’’ terangnya.

Ia juga menyebutkan Kecamatan Enggano sebagai pulau terluar di Provinsi Bengkulu, hingga saat ini belum memiliki MIN.

‘’Kabarnya mau dibangun. Tapi, kita belum tahu kapan. Mudah-mudahan rencana ini segera dapat terealisasi,’’ pungkasnya.(816)