Meski Jaringan Normal, E-KTP Belum Bisa Dicetak

Dinas DukcapilBENGKULU, bengkuluekspress.com – Jaringan konsolidasi data milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang sempat dikunci oleh Kemendagri akhirnya dapat kembali normal setelah beberapa pihak akhirnya turun tangan meminta Kemendagri membuka akses data tersebut. Terakhir, pada Jumat (29/09/17) Walikota Bengkulu Helmi Hasan bersama Kadis Dukcapil Sudarto Widyo Seputro mendatangi langsung Kemendagri Pusat guna meminta penguncian data tersebut dibuka.

Penguncian jaringan konsolidasi data yang berimbas pada terganggunya beberapa pelayanan tersebut akhirnya dibuka. Namun hingga Rabu (04/10/17) pencetakan E-KTP belum dapat dilakukan, hal itu diakui langsung oleh Sekretaris Disdukcapil Kota Bengkulu Isnaini.

“Jaringan konsolidasi datanya sudah normal kembali. Akses data sudah bisa dilakukan. Tapi untuk proses pencetakan E-KTP untuk saat ini belum dapat dilakukan,” ujarnya.

Isnaini mengaku tidak mengerti mengenai pencetakan E-KTP, karena hal itu merupakan urusan bagian teknis, namun ia mengatakan jika pihaknya tengah mengusahakan agar secepatnya dapat melayani pencetakan E-KTP. Selain itu, untuk proses E-KTP pun mereka tengah meminta blangko tambahan agar dapat permasalahan blangko yang kurang dapat dihindari.

“Saya tidak bisa menjelaskan kenapa belum bisa dicetak, itu ada yang lebih berwenang untuk menjawab. Yang pasti kita berusaha secepatnya bisa dilaksanakan pencetakan, kita juga sudah meminta tambahan blangko sebanyak 2.000 blangko mengingat banyak sekali warga kita yang ingin mengurus E-KTP, walaupun 2.000 blangko itu mungkin juga belum cukup, tapi kita akan usahakan untuk meminta blangko secara berkala,” tutur Isnaini. (ibe)