Merampok, Paman dan Ponakan Diamankan

Ari, Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto SH SIk bersama Kapolsek PUT Iptu Eka Candra saat menjelaskan kronologis penangkapan dua perampok Lembak (2)

CURUP, BE- Satu persatu pelaku perampokan di kawasan calon Kabupaten Lembak diamankan jajaran Polres Rejang Lebong, dalam hal ini Polsek Padang Ulak Tanding.
Dalam kurun waktu dua minggu terakhir setidaknya sudah ada lima pelaku perampokan yang diamankan Polsek yang dipimpin Iptu Eka Candra SH itu.

Sebelumnya Polsek PUT mengamankan Su (45), warga Kampung Jeruk Kecamatan Binduriang. Su merupakan otak pelaku perampokan mobil Avanza warna biru dengan nomor polisi BH 1423 BM pada Selasa (10/3) lalu. Kemudian pada Jumat polisi juga berhasil mengamankan spesialis perampok dengan modus menebar ranjau paku di tengah jalan. Keduanya adalah Fa (36), warga Desa Simpang Beliti, Kecamatan Binduriang dan Ko (25), warga Dusun Gardu, Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang.

Jumat (3/4) dini hari kemarin, Jajaran Polres Rejang Lebong dalam hal ini Polsek PUT kembali mengamankan dua pelaku perampokan di kawasan Lembak. Keduanya masing-masing berinisial Ha (19) dan An (22).

Dua perampok yang masih memiliki hubungan darah ini merupakan warga Dusun Karang Anjung Desa Kasie Kasubun Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

Menurut Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto SH SIk didampingi Kapolsek PUT Iptu Eka Candra SH kedua pelaku perampokan ini memang sudah lama menjadi target operasi pihaknya. Kedua tersangka terakhir kali melakukan aksinya pada 2 Juli 2014 silam di Desa Kasie Kasubun Kecamatan PUT. Pada saat itu kedua pelaku dan empat orang lainnya merampok mobil box milik perusahaan rokok.

Mobil tersebut dirampok setelah mengedarkan rokok di kawasan tersebut. Dari hasil perampokan tersebut mereka merampah beberapa box rokok serta Handphon milik korban.
“Setelah menjalankan aksinya para pelaku ini sempat menghilang, sehingga lama menjadia TO kita,” jelas mantan Kapolres Kaur tersebut.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, setelah lama menghilang tersebut, akhirnya kedua pelaku keluar dari persembunyian. Pihak Polsek PUT yang mendapat informasi dari masayrakat yang menyatakan bahwa kedua pelaku telah kembali kerumah langsung melakukan pengintaian. Setelah dilakukan pengintaian dan memastikan keduanya adalah target operasi kemudian petugas langsung melakukan penggerebekan dirumah keduanya.

Penggerebekan dimulai sekitar pukul 02.00 WIB Jumat dini hari tersebut, petugas pertama kali melakukan penggerebekan dirumah Ha. Setelah berhasil mengamankan Ha kemudian baru kerumah An. Setelah keduanya keduanya berhasil diamankan kemudian keduanya di gelandang ke Mapolres Rejang Lebong untuk proses hukum selanjutnya. Dari kedua kedua pelaku petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti seperti satu pucuk senapan angin yang sudha dirakit menjadi senjata api, kemudian dua bilah senjata tajam jenis pisau dan parang serta satu unit handphone milik korban yang digunakan pelaku.

“Untuk empat rekan kedua pelaku ini sedang dalam pengejaran kita, saat ini identitas keempatnya sudah kita kantongi,” tambah Kapolres.

Sementara itu, terkait dengan keterlibatan para pelaku dalam sejumlah aksi perampokan. Pihaknya masih melakukan pengembangan. Namun berdasarkan data sementara yang mereka miliki setidaknya para pelaku sudah beraksi di 5 tempat kejadian perkara.(251)