Mau Vietnam kek, Malaysia kek…No Problem!

065349_245998_riedl_baruMANILA – Timnas Indonesia berhasil lolos dari lubang jarum untuk memastikan satu tiket semifinal Piala AFF 2016.

Ya, tadi malam, di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, tim besutan Alfred Riedl ini berhasil membungkam Singapura dengan skor tipis 2 -1 (0-1).

Dengan hasil itu, skuad Garuda — julukan Timnas — menemeai Thailand dari Grup A untuk lolos ke babak semifinal. Ini setelah Filipina yang sebelumnya berada di peringkat kedua grup, harus keluar dengan kepala tertunduk setelah takluk dengan satu gol dari Thailand di Philippine Sports Stadium, Bulacan, satu jam dari Manila.

Kedua tim dari Grup A ini masih menunggu lawan yang akan mereka hadapi dari grup – B antara Vietnam, Myanmar atau Malaysia.

Vietnam yang berada di puncak klasemen dengan koleksi enam poin masih bisa tergusur. Itu bila Myanmar berhasil menang dengan selisih banyak gol dari Malaysia, Sabtu (26/11). Atau, Vietnam berhasil dikalahkan oleh Kamboja di laga pemungkas. Namun Vietnam memang lebih dijagokan menjadi juara Grup B, dan itu dia lawan Indonesia.

Alfred Riedl mengatakan bahwa, mereka sudah siap untuk melawan siapa pun dalam babak semifinal nanti. “Melawan Vietnam, Malaysia, atau lainnya, tidak ada masalah,” kata Alfred setelah pertandingan.

“Tapi, kami sudah memiliki banyak informasi bila berhadapan dengan Vietnam. Jadi, kalau kami melawan mereka, tim kami sudah siap,” tegasnya.

Memang, sebelum tampil di Piala AFA, Indonesia sudah dua kali menguji kekuatan melawan Vietnam. Saat ujicoba pertama di Indonesia, kedua tim bermain imbang 2-2 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 9 Oktober lalu. Namun, saat bertandang ke markas Vietnam dalam ujicoba kedua, Indonesia takluk 2-3.

Riedl pun mengakui bahwa, dengan dua kali ujicoba itu, mereka punya banyak informasi terkait kekuatan Vietnam. Artinya, dengan sedikit pembenahan, mereka bisa melakukan yang terbaik. Apalagi, di babak semifinal nanti juga berlaku format home and away. “Tapi, tunggu hasil pertandingan Vietnam besok (hari ini, Red),” tegasnya.

Terkait rencana program Timnas selanjutnya, Riedl mengatakan bahwa tim akan diliburkan selama dua hari setelah sampai di Indonesia. Setelah itu, semua pemain akan dikumpulkan untuk kembali menjalani pemusatan latihan.

“Tapi, untuk lokasi latihan, kami akan putuskan dalam satu dua hari nanti,” tambah Wolfgang Pikal, asisten pelatih Timnas.

Striker Timnas, Ferdinand Sinaga yang bermain bagus di pertandingan melawan Singapura tadi malam, mengaku bahwa seluruh skuad Merah Putih — julukan lain Timnas — siap memberikan permainan terbaik mereka.

“Kami harus fokus di laga semifinal. Kami siap lawan siapa pun,” tegas striker PSM Makassar itu. (ben/jpnn)