Masyarakat Jangan Ragu Pasang Alat Kontrasepsi

RAPAT: Dinas DPPKBPP-PA Kaur bersama Kodim 0408 BS-Kaur saat menggelar persiapan kegiatan TNI Mangunggal KB di aula DPPKBPP-PA Kaur, Kamis (3/8).
RAPAT: Dinas DPPKBPP-PA Kaur bersama Kodim 0408 BS-Kaur saat menggelar persiapan kegiatan TNI Mangunggal KB di aula DPPKBPP-PA Kaur, Kamis (3/8).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP-PA) Kabupaten Kaur Rohina MSi, mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di kawasan daerah terpencil dan terpinggir, untuk tidak ragu memasang alat KB seperti Implan dan IUD. Hal ini disampaikannya terkait program TNI Manungal KB Kesehatan yang akan dilasanakan 15 Agustus 2017 nanti.

“Masyarakat jangan ragu ikut pemasangan Implan dan IUD gratis melalui program yang akan kami gelar di Puskemas Bintuhan nanti,” kata Rohina saat mengelar rapat persiapan program TNI Manungal KB Kesehatan (TMKK) di aula DPPKBPP-PA Kaur, kemarin (3/8).
Dikatakan mantan Kabag Ekonomi ini, dari hasil rapat dalam kegiatan TMKK di Kabupaten Kaur nanti pihaknya akan memprioritaskan pemasangan alat kontrasepsi dengan jenis IUD secara geratis kepada masyarakat. Selain itu juga nanti akan melayani berbagai program kesehatan seperti KB suntik, pengecekan kesehatan serta yang lainnya.

“Untuk tempat TMKK nantinya husus pemasangan IUD akan bertempat di Puskesmas Bintuhan, sedangkan yang lainnya akan digelar dilapangan merdeka Bintuhan,”terangnya.
Ditambahkannya, untuk pemasangan IUD di Kabupaten Kaur saat ini baru 12 persen, masih minimnya peminat alat kontrasepsi tersebut karena masih kurangnya pemahaman tentang alat tersebut. Padahal KB IUD sangat bagus dan tidak mempunyai epek samping seperti kenaikan berat badan dan yang lainnya.

“Bagi masyarakat yang mengunakan alat kontrasepsi ini dijamin akan nyaman dan tidak berbahaya,” ujarnya.
Sementara Komandan Kodim (Damdim) 0408-BS-Kaur Letkol Inf RBM Simarmata, mengatakan TMKK yang digelar tidak lain untuk menjadikan masyarakat yang mandiri dengan menggunakan program Keluarga Berencana (KB), program yang kita gelar adalah program tahunan serta untuk mensejahterakan masyarakat khususnya Kabupaten Kaur. “Dengan persiapan yang matang, maka kegiatan TMKK yang akan kita gelar nantinya bisa berjalan sesuai harapan,” tutupnya. (618)