Marvel Akan Hapus Almaidah 51 dan 212 dari Komik X-Men

In Berita Utama, Nasional
Adegan di edisi perdana X-Men Gold, angka 212 bisa dilihat tertulis di salah satu gedung. Foto: Bleedingcool.com
Adegan di edisi perdana X-Men Gold, angka 212 bisa dilihat tertulis di salah satu gedung. Foto: Bleedingcool.com

Apr 9, 2017 @ 15:21

jpnn.com – Edisi perdana komik X-Men Gold tengah menjadi topik perbincangan hangat. Ulah ilustrator asal Indonesia Ardian Syaf memasukkan referensi tentang Aksi Damai 212 dan surah Almaidah 51 ke dalam komik keluaran Marvel tersebut menjadi penyebabnya.

Fans menilai Aksi 212 dan Almaidah 51 bertentangan dengan nilai-nilai kesetaraan dan toleransi yang menjadi pesan dari franchise X-Men. Mereka melayangkan protes kepada Marvel dan meminta penerbit komik kelas kakap itu bertindak.

(Baca: Heboh! Ada 212 dan Almaidah 51 di Komik X-Men Terbaru)

Marvel pun menjawab keresahan para penggemar tersebut. Perusahaan yang bermarkas di New York Amerika Serikat ini berjanji menghilangkan referensi mengenai 212 dan Almaidah 51 dari terbitan-terbitan selanjutnya.

“Ilustrasi tersebut akan dihilangkan dari cetakan selanjutnya, versi digital dan edisi sampul tipis,” ujar pihak Marvel dalam keterangan tertulis seperti di lansir Comicbook.com, Minggu (9/4/2017).

Marvel beralasan sebelumnya tidak tahu makna di balik “212” dan “QS 5:51” yang diselipkan Ardian dalam ilustrasinya.

Namun, penerbit kelas kakap ini kini sependapat dengan para penggemar bahwa 212 dan Almaidah 51 tidak sesuai dengan semangat X-Men.

“Referensi tersebut tidak mencerminkan pandangan penulis, editor, atau siapa pun di Marvel, serta jelas bertentangan dengan inklusifitas Marvel Comics dan apa yang diperjuangkan X-Men sejak penciptaannya,” jelas Marvel.

Marvel tidak menjelaskan secara gamblang apakah akan ada tindakan yang akan diambil terhadap Ardian. Keterangan tertulis hanya menyebutkan bahwa perusahan telah mengambil tindakan disipliner terkait masalah ini.

Sementara itu, Ardian Syaf sendiri belum memberi pernyataan terkait kontroversi yang ditimbulkan karyanya tersebut. (dil/jpnn)

You may also read!

Tam Tam Ail Ajak Ikatan Sport Harley Davidson Kunjungi Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Noviawan Ail putra asli Bengkulu mengajak anggota Ikatan Sport Harley Davidson (ISHD) menyambangi Kota Bengkulu, Minggu

Read More...

Duh Gusti, Istri Hamil 2 Bulan Diseret Suami dengan Motor

jpnn.com, SAMARINDA – IJ (19) mendapatkan perlakuan yang sangat tak manusiawi dari sang suami HR, Jumat (21/4). Wanita yang

Read More...

Marquez Start Terdepan Lima Kali Beruntun, Vinales Kedua, Rossi Ketiga

jpnn.com, AUSTIN – Juara bertahan MotoGP, Marc Marquez menorehkan catatan fenomenal di MotoGP Americas. Rider Respol Honda itu baru

Read More...

Mobile Sliding Menu