Marieta Safitri Diduga Menipu 30 Orang?

Marietajpnn.com, SURABAYA – Selain akun Instagram lambe_turah, di Facebook muncul pula akun Annisa Rosa Noviany yang mengungkap aksi Marieta Safitri, terlapor dugaan penipuan yang mengatasnama biro jasa perjalanan, Roxy Tour Travel.

Akun Annisa mengungkap sekira 30 orang yang diduga menjadi korban. Dengan mengunggah 6 foto yang disertai dengan keterangan, Annisa mengungkap dari 30 orang, rata-rata yang sudah menyetor uang Rp 3 juta.

“Bahkan ada yang sampe belasan juta..,” begitu bunyi pesan akun Annisa di Facebook yang diunggah 24 April 2017.

Berikut unggahan Annisa Rosa Noviany:

Status akun FB Annisa Rosa Noviany.
Status akun FB Annisa Rosa Noviany.

PENIPUAN TOUR TRAVEL ROXY.
Assalamualaikum teman-teman, mau minta tolong buat up berita penipuan tiket promo dari ig @tourtravel_roxy, dia nawarin tiket pesawat bahkan voucher hotel promo, tapi etiketnya palsu, sampai sekarang korban sudah hampir 30 orang. masing-masing orang kerugiannya diatas 3juta, bahkan ada yang sampe belasan juta..

Para korban sudah lapor ke polisi sejak lama tetapi belum ada kelanjutan maupun tindakan dari yang berwajib. Saya dan korban yang lain mengharapkan dari kekuatan media agar menemukan si pelaku atas nama MARIETA SAFITRI. Dia menipu orang-orang dan uangnya dipakai untuk jalan-jalan keluar Negri.

Untuk siapapun yang mengetahui orang ini mohon beritahu saya langsung Massage ke facbook saja, agar si Marieta Safitri dan komplotannya tertangkap dan tidak memakan korban lagi!

JawaPos.com melakukan penelusuran dengan mendatangi rumah di Ampel Magepur 49, RT 3/RW IV, Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Rumah tersebut diduga Marieta tinggal. Saat berada di sana, pintu dan jendela rumah tersebut sebenarnya terbuka.

Jendelanya berlapis teralis, namun berulang kali bel rumahnya ditekan dan menggetuk pintu, tidak ada satu orang pun yang menyahut dari dalam.

Berdasar penuturan salah seorang warga yang tinggal di sana dan mengenalnya, Marieta memang sering ke Jogjakarta.

”Kalau seminggu terakhir ini sempat kelihatan naik becak. Dia punya toko deket masjid ampel,” ujar salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya.

Salah seorang yang mengaku korban Marieta adalah Antariksa Ayu. Kasusnya sudah di-BAP polisi sejak 5 Desember 2016.

’’Setelah nipu saya, dia lari ke Jogja. Baru tahu ini tadi dari medsos kalo dia juga nipu di sana lewat agen Roxy Tour Travel itu,” kata perempuan yang akrab disapa Icha itu kepada Jawa Pos.com, Selasa petang (25/4/2017).

Rumah Marieta di kawasan Ampel Surabaya sesuai alamat KTP (DIDA TENOLA/JAWA POS)
Rumah Marieta di kawasan Ampel Surabaya sesuai alamat KTP (DIDA TENOLA/JAWA POS)

Tidak hanya Icha, adik dan kedua orang tuanya juga menjadi korban. Menurut Icha, apa yang sudah dilakukan oleh Marieta memang sudah keterlaluan. Dia jelas-jelas membuat kode booking tiket palsu.

Terpisah, Kanit II Subdit II Perbankan Ditreskrimsus Polda Jatim Kompol Muhamad Kolil membenarkan adanya laporan Icha tersebut.

Saat ini, perkara tersebut sudah diproses. Bahkan Marieta sendiri sudah dipanggil polisi untuk dimintai keterangan.

”Kami sudah kirim SP2P (Surat Pemberitahuan Penyidikan Perkara) kepada yang bersangkutan. Tinggal mengumpulkan bukti-bukti,” jelas Kolil kepada JawaPos.com. (did/jpg/jpnn)