Manunggal dengan Rakyat, TNI Kuat

Ary, atraksi TNI (2)
ARY/BE
Atraksi bela diri Yong Modo oleh anggota Yonif 144/Jaya Yudha pada peringatan Hari Juang Kartika di Lapangan Mako Yonif 144/Jaya Yudha Jumat (15/12) kemarin.

CURUP, BENGKULU EKSPRESS – Jajaran Korem 041/Gamas memperingati Hari Juang Kartika dengan menggelar upacara di Lapangan Batalyon 144/Jaya Yudha. Dalam peringatan Hari Juang Kartika ke-72 tersebut mengambil tema “Manunggal dengan Rakyat, TNI AD” kuat.

“Tahun ini peringatan Hari Juang Kartika dengan tema yang diambil adalah Manunggal dengan Rakyat, TNI AD Kuat,” terang Komandan Korem 041/Gamas Kolonel Inf Irnando Arnold B Sinaga melalui Kapenrem Mayor Inf David Suardi.

Menurut Mayor David, TNI AD harus manunggal dengan rakyat, karena memang menurutnya TNI berasal dari dakyat dan nantinya akan menjadi rakyat. Oleh karena itu, apapun yang dilakukan oleh TNI harus memberi manfaat bagi masyarakat. “TNI harus bisa merebut hati rakyat dimanapun berada dan bertugas,” tambahnya.

Sementara itu, dengan peringatan hari Juang Kartika kemarin, diharapkan bisa menumbuhkan kembali semangat prajurit khususnya jajaran TNI AD. Karena menurut Mayor David, peringatan hari Juang Kartika ini sendiri adalah untuk mengingat semangat perjuangan TKR dan masyarakat yang dipimpin Jendral Besar Sudirman yang saat itu masih berpangkat Kolonel merebut Kota Ambawara dari tentara sekutu. Dimana berkat semangat para prajurit dan masyarakat tersebut, pasukan sekutu dengan senjata modernnya berhasil dipukul mundur, pristiwa tersebut dikenal dengan Palagan Ambarawa atau pertempuran Ambarawa.

“Semangat-semangat Palagan Ambarawa yang terjadi 72 tahun silam tersebut harus terus ada di dalam diri prajurit untuk menjaga keutuhan NKRI,” tegas Mayor David. Sementara itu, terkait dengan peringatan hari juang kartika jajaran Korem 041/Gamas yang dilaksanakan di Yonif 144/JY. Menurut Mayor David hal tersebut sesuai dengan intruksi dari KASAD yang pelaksanaan peringatan hari juang kartika tersebut dilaksanakan di Batalyon masing-masing.

Kegiatan hari Juang Kartika tingkat Korem 041/Gamas dilaksanakan di Lapangan Yonif 144/JY dengan inspektur upacara Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Irnando Arnold B Sinaga. Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur FKPD Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong. Selain menggelar upacara bendera, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis, sunatan masal yang dilaksanakan di Mako Yonif 144/JY serta pertunjukan atraksi beladiri dari anggota TNI. (251)