Manfaatkan Danau Talang Kering

Salah satu pemanfaatan perairan wisata danau talang kering
CURUP, BE – Seiring dengan mulai diminatinya kawasan wisata  Danau Talang Kering di Kecamatan Curup Utara oleh beberapa pelaku usaha, Camat Curup Utara, Zulfan berharap pemerintah desa setempat bisa memanfaatkan moment tersebut untuk memberikan kontribusi bagi daerah.  “Kades seharusnya sigap membaca peluang yang ada, selain memberikan kemudahan kepada investor, ke depannya diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi kas daerah maupun desa melalui Perdes,” harap Zulfan.
Lebih lanjut Zulfan menjelaskan, mengingat danau dengan nama lain Danau Bermanei berada ditengah tiga desa, yaitu Desa Perbo, Desa Tunas Harapan dan Desa Pahlawan, diharapkan tiga perangkat desa tersebut dapat duduk bersama membahasnya.
“Dengan adanya Perdes, tentunya kegiatan usaha di kawasan tersbeut bisa diakomodir dan tertata dengan baik,” jelas Zulfan.
Selain itu, Zulfan juga menjelaskan, saat ini kawasan yang berada di sekitar danau merupakan milik masyarakat.  Tanpa adanya peraturan dari desa, maka akan sulit mengambil retribusi dari kawasan tersebut. Salah satu retribusi yang bisa diambil dari kawasan tersebut adalah penggunan air tanah yang ada di danau tersebut.  Baik untuk tambak ikan maupun wisata air lainnya.
Untuk diketahui saat ini, kawasan wisata Danau Talang Kering mulai dimanfaatkan sejumlah pengusaha khususnya pengusaha kuliner untuk mengadu nasib.  Dorongan pelaku usaha untuk membuka usaha di kasawan tersebut tidak terlepas dari potensi wisata yang dimiliki danau tersebut.
Salah satu pengusaha yang mulai menjajaki usahanya di kawasan danau tersebut adalah Johan (58). Menurut Johan kawasan Danau Talang Kering memiliki potensi wisata yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatangi kawasan tersebut.  Melihat peluang tersebut, akhirnya ia mendirikan usaha kuliner tepat di pinggir danau.  “Kawasan ini merupakan objek wisata yang masih tidur, namun lambat laun saya yakin akan terus berkembang, oleh karena itu saya membuka lesehan ini,” jelas Johan.
Selain dimanfaatkan untuk wisata, saat ini Danau Talang Kering juga dimanfaatkan sejumlah petani untuk mendirikan keramba apung. (251)