Manfaat Sehat Makan Bayam

FILM kartun Popeye selalu memberikan nasehat untuk sering-sering makan bayam. Nasehat tersebut bukan hisapan jempol belaka. Bayam adalah sayuran yang sudah lama dipercaya sebagai sumber gizi dan kaya manfaat bayam bagi mereka yang mengonsumsinya.

Kini, para peneliti AS mengatakan bahwa sesuatu yang sederhana seperti makan lebih banyak sayuran seperti sayuran bayam dapat membantu melindungi otak terhadap timbulnya Alzheimer.

Para peneliti dari Rush University di Chicago menanyai 950 pria dan wanita tentang diet mereka. Para relawan  berusia rata-rata 81 tahun dan kemudian melakukan serangkaian tes mental setiap tahun selama sepuluh tahun. Hasilnya para peneliti menemukan adanya perlambatan penurunan kognitif setara dengan 11 tahun

Diperkirakan bahwa vitamin K, folat atau vitamin B9 dan pewarna alami lutein serta beta-karoten berada di balik alasan penurunan kognitif ini.

“Kehilangan memori atau kemampuan kognitif adalah salah satu ketakutan terbesar bagi orang-orang ketika mereka semakin tua. Dengan adanya hal ini, maka meningkatkan konsumsi sayuran berdaun hijau bisa bisa menjadi cara yang efektif, terjangkau dan non-invasif yang berpotensi melindungi otak Anda,” kata peneliti, Dr. Martha Morris, seperti dilansir laman Daily Mail, Jumat (3/4).

“Studi kami menyediakan bukti bahwa makan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan makanan lain yang kaya vitamin K, lutein dan beta-karoten dapat membantu menjaga otak tetap sehat,” pungkas Morris.

Sementara itu, orang-orang yang tidak suka bayam juga bisa mendapatkan vitamin K, lutein dan beta-karoten dari wortel, tomat dan paprika.(fny/jpnn)