Makin Panas! Jepang Kirim Kapal Perang

In Berita Utama, Internasional
Izumo. Sumber: AFP
Izumo. Sumber: AFP

jpnn.com – Korea Utara (Korut) mengecam latihan gabungan (latgab) militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) di Laut Jepang.

Kecaman Korut membuat Negeri Sakura itu sibuk. Kemarin (30/4/2017) Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe mengerahkan Izumo ke lokasi latgab.

Kapal perang yang dilengkapi dengan tujuh helikopter tempur dan dua helikopter SAR itu bertugas mengawal kapal logistik AS.

’’Izumo akan bertolak dari Pelabuhan Yokosuka Senin besok (hari ini),” terang pejabat pemerintah Jepang sebagaimana diberitakan harian Asahi Shimbun kemarin.

Dari pelabuhan yang terletak di sisi selatan Kota Tokyo itu, Izumo akan berlayar menuju lokasi kapal logistik AS. Selanjutnya, Izumo mengawal kapal tersebut ke wilayah barat Samudra Pasifik.

Saat ini unit tempur AS yang dipimpin USS Carl Vinson menggelar latgab di kawasan barat Samudra Pasifik.

Tepatnya, di Laut Jepang. Washington tidak menyebut secara khusus bahwa kapal logistik AS itu bakal mengirimkan suplai untuk USS Carl Vinson.

Namun, kapal induk bertenaga nuklir itu menjadi satu-satunya armada AS yang sedang aktif di kawasan tersebut.

Menurut Jiji Press, baru kali ini Izumo ditugasi untuk mengawal armada AS. Biasanya Izumo hanya bertugas saat militer Jepang terlibat latgab dengan negara lain.

Tapi, sejak 2015, Abe mengubah komitmen militer Jepang yang selama ini hanya terpaku pada misi-misi damai.

Kini, pasukan dan armada militer Jepang bisa bertugas dalam misi-misi nondamai. Misalnya, pengawalan seperti hari ini (1/5/2017).

Pekan lalu Angkatan Laut (AL) Jepang juga mengadakan latgab dengan AS. Tepatnya, dengan USS Carl Vinson. Tapi, latgab itu tidak dilakukan di perairan Jepang. Saat itu latgab berlangsung di Laut Filipina.

Sebab, USS Carl Vinson yang seharusnya langsung bertolak ke Laut Jepang dari Singapura malah berlayar ke Australia terlebih dahulu untuk mengikuti latgab dengan pasukan Negeri Kanguru. (AFP/hep/c7/owi)

You may also read!

400 Ribuan Honorer K2 Berharap Revisi UU ASN Berujung Menyenangkan

jpnn.com, JAKARTA – Pembahasan perdana revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan dilaksanakan 5 Juni?, disambut sukacita honorer

Read More...

Pernyataan Sikap MUI soal Bom Kampung Melayu

jpnn.com, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras pelaku bom di Halte Transjakarta Terminal Bus Kampung Melayu, Jakarta

Read More...

Dul Jaelani Ubah Gaya Rambut, Kenapa Cantik Begini?

Anak pasangan musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Abdul Qodir Jaelani atau yang kerap dipanggil Dul, memang memiliki rambut

Read More...

Mobile Sliding Menu