Makanan Vegetarian Ini Lebih Banyak Zat Besi daripada Daging

sayurjpnn.com, JAKARTA – Kebanyakan ahli gizi merekomendasikan daging jika Anda menderita kekurangan zat besi. Tapi ada banyak pilihan non-daging yang mengandung jumlah zat besi yang hampir sama.

Kadang bahkan lebih dari daging. Jadi jangan panik jika Anda telah terdeteksi dengan zat besi rendah dan Anda adalah seorang vegetarian.

Di sini ada beberapa makanan yang sangat mudah didapat di pasar dan akan membantu meningkatkan asupan zat besi Anda, seperti dilansir laman India Times, Kamis (8/6).

1. Bayam

Sayuran gelap dan berdaun adalah pembangkit tenaga listrik besi. FYI, tiga cangkir bayam mengandung sekitar 18 mg zat besi.

2. Brokoli

Brokoli selain kaya akan zat besi juga kaya akan nutrisi seperti vitamin K dan magnesium dan vitamin C yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi di tubuh.

3. Kacang-kacangan

Makanan pokok bagi kebanyakan orang India, kacang lentil sangat kaya akan zat besi. Lentil adalah sumber serat makanan, potasium dan juga sumber protein yang sangat baik.

4. Kentang panggang

Tahukah Anda bahwa satu kentang panggang besar mengandung banyak zat besi bahkan lebih dari semangkuk ayam? Untuk membuat sepiring lezat untuk makan malam, tambahkan beberapa sayuran seperti brokoli kukus, wortel dan beberapa keju dengan kentang panggang.

5. Biji wijen

Satu sendok makan biji wijen mengandung 1,3 mg zat besi.

6. Kacang mete

Kebanyakan kacang kaya akan vitamin dan merupakan sumber protein yang baik untuk vegetarian tapi kacang mete juga kaya akan zat besi.

7. Kacang kedelai

Satu cangkir kedelai dimasak mengandung antara 8 dan 9 mg zat besi. Kacang ini juga merupakan sumber protein yang sangat baik.

8. Buncis

Satu cangkir buncis mengandung 4,7 mg zat besi, Anda bisa memanggangnya dengan sedikit minyak zaitun untuk makanan ringan renyah atau mencampurnya dengan tomat, feta dan mentimun untuk menciptakan makanan gurih.

9. Cokelat hitam

Tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan membantu mengurangi kecemasan, namun satu ons coklat hitam mengandung 2 sampai 3 mg zat besi.

10. Tahu

Alternatif vegan untuk keju cottage, tahu mengandung 3 mg zat besi per setengah cangkir.

11. Kacang merah

Kacang merah mengandung 3-4 mg zat besi per cangkir.(fny/jpnn)