Makan di Rumah Non Muslim, Halal

In Seluma Ekspress

SAM, BE – Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Seluma, H Darsono BA SPd MPd menegaskan bahwa hukum bagi umat Islam yang makan di rumah warga non muslim adalah halal. Hal tersebut kemarin dilakukan oleh pengurus FKUB dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Seluma dalam kesempatan Open House Natal di rumah dinas Kapolres Seluma AKBP PL Gaol, di Tais kemarin (26/12).

”Kita perlu pahamkan umat, kalau umat bahwa silaturahmi antar umat beragama dan internal umat beragama. Makan bersama open house dalam perayaan hari besar agama kita pandang perlu untuk memupuk kerukunan umat beragama. Dan halal bagi orang Islam makan di rumah atau di pesta non muslim,” kata ustadz yang baru melepas jabatan Sekretaris DPC Parati Demokrat Kabupaten Seluma itu.
Menurut Darsono, walau dipastikan halal, tapi tetap terdapat rambu-rambu bagi umat Islam yang dinyatakan halal makan minum di rumah warga non muslim. Diantaranya, makanan yang disajikan kepada warga muslim harus memenuhi syarat kehalalan makanan. Seperti, binatang yang dimasak sebelumnya disembelih dengan menyebut nama Allah dan tidak mengandung unsur makanan haram lainnya.

”Yang peting itu, makanan yang dimakan bukan babi dan anjing, bukan bangkai selain ikan dan belalang, bukan darah dan bukan binatang yang disembelih dengan menyebut selain nama Allah,” ungkap Darsono. (444)

You may also read!

UNIB Buka 4 Prodi Baru

BENGKULU, BE – Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, Universitas Negeri Bengkulu (UNIB) kembali menambah 4 program studi (prodi) baru.

Read More...

Pos Bengkulu Beri Penghargaan Mitra Pos Terbaik

BENGKULU, BE – PT Pos Indonesia (persero) cabang Bengkulu menggelar acara customer gathering dan penghargaan kepada para mitra terbaik

Read More...

Mian: Stop Pungli di Sekolah

  ARGA MAKMUR, BE – Tanggapan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bengkulu mengenai pungutan les direspon cepat oleh Bupati (BU)

Read More...

Mobile Sliding Menu