Logistik BPBD Kosong

BPBD Seluma

Apr 11, 2017 @ 14:18

TAIS, Bengkulu Ekspress – Kabar tak enak datang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma. Rupanya stok logistik untuk bantuan tanggap darurat bencana kini sedang kosong. Belum diketahui kapan logistik tersebut bisa terisi. Kondisi ini membuat BPBD Seluma tak bisa menyiapkan bantuan tanggap darurat bila seandainya terjadi bencana di daerah ini.

“Logistik bantuan tanggap darurat sudah kosong sejak Januari. Saat ini kita juga tengah mengupayakannya ke Pemerimtah RI dan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu agar bisa tersedia,” ujar Kepala BPBD Seluma Drs H Azwardi kepada Bengkulu Ekspress kemarin (10/4/2017).

Disampaikan, Akibat kekosongan ini, pemerintah daerah setempat harus waspada dan perlu menyiasati bila sewaktu-waktu terjadi bencana yang datangnya bisa secara tiba-tiba.

Kekosongan logistik tanggap darurat bencana ini terjadi, karena logistik 2016 telah disalurkan semuanya pada sejumlah korban bencana. Yakni ke beberapa titik lokasi musibah banjir dan kebakaran yang melanda pemukiman warga beberapa waktu lalu. Sementara untuk pengadaan logistik baru 2017 ini belum ada.

Sebagai kesiapsiagaan dari bencana, selain meminta bantuan logistik tanggap darurat, BPBD Seluma juga tengah mengusulkan sejumlah alat berat untuk mengatasi tanah longsor, serta juga mengusulkan Ambulance untuk mengevakuasi korban yang sewaktu waktu terjadi. Bukan itu saja sejumlah usulan lain juga sudah disampaikan, seperti pada mesin semprot air guna mengatasi terjadinya kebakaran hutan yang tidak bisa di tempuh dengan mobil PBK.

“Sejumlah usulan tersebut sudah disampaikan 2017 ini, diharapkan usulan tersebut bisa diwujudkan BNPB,” harapnya.(333)