Senin, 12/03/2012 - 12:38 WIB
Seputar Kota | redaksi - Bengkulu Ekspress

LJK UN SD Silang

BENGKULU, BE – Metode pengisian Lembar Jawaban Komputer (LJK) UN antara SMA/MA/SMK berbeda dengan cara mengisi LJK UN SD. Kalau LJK SMA/MA/SMK diisi dengan bulatan penuh, untuk UN SD/MI, LJK diisi dengan cara menyilang.  “Lembar jawab komputer yang umumnya kita kenal adalah lembar jawaban yang biasanya harus diisi dengan menggunakan pensil 2B dan harus diisi bulat penuh. Untuk UN SD/MI hanya dengan menyilang dikotak jawaban pilihan ganda yang telah ditentukan,” ungkap Ketua UN Provinsi Bengkulu Drs Budiyanta. Menurutnya, cara pengisian yang mengharuskan bulatan penuh dan menuntut kehati-hatian, kadang menjadi momok yang menakutkan sehingga menyita waktu yang tidak sedikit. “Mengisi LJK dengan bulatan penuh harus sabar dan hati-hati. Kemampuan mengisi bulatan itu secara tidak langsung menjadi salah satu faktor penentu kelulusan, dan itu masih dinilai sulit untuk siswa SD,” jelasnya.

Banyak keuntungan pengisian dengan tanda silang (X). Yaitu, waktu pengisian lebih cepat, menjawab lebih banyak dan waktu untuk menghapus atau mengganti jawaban pun lebih banyak. Selain itu juga dapat mengurangi beban psikologis anak. seperti rasa takut cara mengisi bulatan kurang penuh. Tambah Budi, pihaknya tetap meminta sekolah memberikan pelatihan kepada siswa cara pengisian LJK tersebut. Karena kalau sudah terbiasa, siswa tersebut tidak akan gugup dan dapat mengisi LJK tersebut dengan baik. Mengingat masih ditemukan LJK yang tidak dapat dibaca mesin scanning. “Menjelang ujian, alangkah baiknya anak terus diberikan pelatihan sehingga mereka terbiasa,” anjurnya. (128)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× 7 = dua puluh delapan

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved