LINTAS: Kendaraan Bertambah 12 Persen

Kabid Manajemen Perhubungan Darat Herwanto
Herwanto

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Perhubungan, Informasi, Komunikasi dan Pariwisata (Dishubkominfopar) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mencatat pertumbuhan kendaraan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Dari hasil perhitungan yang dilakukan, setiap tahun pertumbuhan kendaraan (pertambahan jumlah) mengalami peningkatan yang pesat mencapai 12 persen pertahun.

“Hasil pendataan yang dilakukan, pertumbuhan kendaraan di Kabupaten Benteng berkembang pesat, yakni mencapai 12 persen pertahun,” Kepala Bidang (Kabid) Managemen Perhubungan Darat Dishubkominfopar Benteng,  Herwanto AMd LLAJ, kemarin.

Penambahan jumlah kendaraan tersebut diharapkan dapat menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Benteng dari sektor perhubungan darat demi mempercepat pembangunan.

“Ini peluang yang besar, sebab itulah harus dimanfaatkan,” tambahnya.

Dijelaskan Herwanto, salah satu potensi yang ada saat ini adalah penarikan retribusi pengujian kendaan bermotor atau KIR. Sayangnya, sampai saat ini Kabupaten Benteng masih menerapkan sistem bagi hasil dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

“Saat ini PAD Pemda Benteng terkhusus dari retribusi pengujian kendaraan bermotor masih bagi hasil dengan Pemkot. Benteng mendapatkan 40 persen sedangkan Pemkot sebesar Rp 60 persen, karena yang melaksanakan uji KIR adalah Pemkot,” ungkap Herwanto.

Mantan Kepala Seksi (Kasi) Informasi Teknologi Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Dukcapil) Kabupaten Benteng ini mengungkapkan, sistem bagi hasil ini terpaksa dilakukan lantaran Kabupaten Benteng belum memiliki gedung serta alat pengujian kendaraan bermotor.

“Saat ini kita memang belum memiliki tempat untuk melakukan penarikan retribusi, sebab itulah kita terpaksa bagi hasil,” pungkasnya.(135)