Lima OPD Rapor Merah

MEDI/Bengkulu Ekspress  Rapat evaluasi capaian realisasi anggaran Pemerintah Kota Bengkulu, kemarin (23/4).
MEDI/Bengkulu Ekspress  Rapat evaluasi capaian realisasi anggaran Pemerintah Kota Bengkulu, kemarin (23/4).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu mengevaluasi capaian realiasi anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kemarin (23/4). Evaluasi ini menyorot serapan anggaran pada triwulan I. Dari hasil pendataan, terdapat 5 OPD yang masuk dalam catatan merah dengan capaian realisasi terendah.

OPD tersebut adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah dengan realisasi 4,21 persen, Dinas Dukcapil 5,00 persen, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman 5,48 persen, Dinas Kominfo dan Persandian 5,57 persen dan Dinas Pariwisata 5,68 persen.

“Mungkin beberapa OPD ini ada kegiatan yang belum bisa dilakukan di triwulan pertama, maka kita minta agar di triwulan kedua harus ditargetkan agar realisasinya meningkat diangka standar,” kata Asisten II Setda Kota, Ir Matriani Amran saat memimpin Rapat Evaluasi.

Dijelaskannya, target realisasi anggaran di triwulan pertama ini setidaknya harus tercapai 10 persen. Jika ada OPD yang di bawah 10 persen, maka Kepala Dinas yang bersangkutan kurang pro aktif meralisasikan target capaian anggaran.

Ia meminta agar seluruh kepala dinas untuk fokus dalam bekerja menjalankan seluruh program yang sudah tercatat didalam Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA), sehingga roda pemerintahan dapat berjalan selaras.

“Harus ada peningkatan, karena di triwulan kedua nanti akan kita evaluasi lagi, maka OPD yang terendah jangan berdiam diri saja, wajib hukumnya merealisasikan anggaran, jangan nanti menjadi silpa diakhir tahun,” tandasnya.
Diketahui, secara umum permasalahan yang dialami oleh Kepala OPD adalah proses pelelangan. Untuk itu, dalam hal ini ia juga menginggatkan agar OPD proaktif berkonsultasi agar dapat mencari solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Sehingga, target serapan anggaran bisa tercapai dengan optimal.

“Kepala OPD harus memacu pegawainya, agar lebih giat dalam melaksanakan tugas. Yang jelas rekapitulasi serapan anggaran ini akan menjadi dasar bagi atasan untuk mengevaluasi kinerja OPD setiap tahun,” pungkasnya. (805)

Evaluasi Realisasi Anggaran Pemkot 2018

OPD Capaian Tertinggi Triwulan I :
1. Dinas Tenaga Kerja 31,68 persen
2. Dinas Pemadam Kebakaran 25,61 persen
3. Dinas Pemuda dan Olahraga 24,63 persen
4. Kecamatan Gading Cempaka 23,53 persen
5. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) 23,17 persen

OPD Capaian Terendah Triwulan I :
1. Badan Penanggulangan Bencana Daerah 4,21 persen
2. Dinas Dukcapil 5,00 persen
3. Dinas Perumahan dan Pemukiman 5,48 persen
4. Dinas Kominfo dan Persandian 5,57 persen
5. Dinas Pariwisata 5,68 persen

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*