Lebong Kekurangan Guru Kesenian dan Olahraga

LebongTUBEI, Bengkulu Ekspress – Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong, Baheramsyah, M.Pd mengungkapkan jika saat ini Kabupaten Lebong masih kekurangan guru kesenian dan olahraga. Saat ini, secara keseluruhan jumlah guru yang ada di Kabupaten Lebong yaitu sekitar 1.600 yang tersebar di 98 SD/sederajat dan 24 SMP/sederajat. Sementara untuk guru jenjang pendidikan SMA/sederajat sudah diambil alih oleh Pemprov Bengkulu.

“Dari jumlah sekitar 1.600 guru, 300 diantaranya masih berstatus sebagai guru honor. Sebenarnya untuk secara keseluruhan masih mencukupi. Namun untuk guru pelajaran seperti guru kesenian, guru olahraga kita masih kurang. Sementara untuk guru umum saat ini tinggal masalah penempatannya saja, ” ujar Baheramsyah.

Lebih jauh diungkapkannya, untuk mengatasi kekurangan jumlah guru pelajaran tersebut pihak sekolah melaukan perekturan guru honorer. Hal ini mengingat bidang dan kesenian dan olehraga dinilai sangat penting. Apalagi bidang tersebut merupakan bidang unggulan yang paling sering diperlombakan, mulai antar sekolah, tingkat Kabupaten maupun tingkat provinsi.

“Mengingat hal tersebut saat ini kita masih memberdayakan guru honorer. Kita ingin selain berprestasi dibidang akademik, siswa siswi kabupaten Lebong juga dapat berprestasi dibidang lain seperti olahraga dan kesenian, ‘ singkat Baheramsyah.(777)