Lebong Diklaim Semakin Maju

In Lebong Ekspress

Bupati Lebong RosjonsyahTUBEI,BE – Bupati H Rosjonsyah SIP MSi mengklaim Kabupaten Lebong telah mengalami kemajuan dan perubahan yang positif. Ini ditandai dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lebong masuk dalam kategori tinggi menurut skala internasional. “Saat ini indeks harapan hidup masyarakat di Lebong adalah 70,70 tahun. Salah satu faktor yang mempengaruhi indeks itu adalah meningkatnya pola hidup sehat,” jelas Bupati.

Selain itu, di bidang pendidikan angka masyarakat yang bisa membaca mencapai 95,54 persen. Rata-rata lama sekolah anak umur sekolah dari tahun ke tahun juga terus mengalami peningkatan. Yakni rata-rata lama sekolah masyarakat adalah 7,92 tahun atau 52,80 persen dari seluruh pendidikan yang harus dijalan selama 15 tahun. “Ini tentu saja menjadi pekerjaan berat kita bersama agar dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sehingga mereka mampu dan mau menjalani pendidikan selama 15 tahun,” lanjutnya.

Dari hasil IPM, Lebong saat ini masuk dalam kategori kesejahteraan tinggi menurut skala internasional.  Tahun 2010 lalu IPM Lebong sebesar 70,05 dan masuk dalam tingkat pembangunan manusia kesejahteraan tinggi. Bahkan, angka ini kembali meningkat di tahun 2011 yakni menjadi 70,66 dan masih tetap masuk dalam kategori yang sama dengan tahun sebelumnya.

“IPM ini sangat ditentukan oleh capaian tiga dimensi dasar pembangunan manusia. Dilihat dari peningkatannya, IPM dari tiga komponen angka harapan hidup, pendidikan, daya beli semuanya mengalami kenaikan. Indeks harapan hidup meningkat sebesar 0,66 persen, indeks pendidikan meningkat sebesar 0,16 persesn dan indeks daya beli meningkat sebesar 0,44 persen,” ungkap Rosjonsyah.

Di samping itu, Bupati juga mengingatkan seluruh SKPD yang ada di jajaran Pemkab Lebong agar dapat terus meningkatkan koordinasi dengan SKPD terkait di Provinsi Bengkulu dan pemerintah pusat.

“Ini semua karena kemampuan keuangan daerah kita yang rendah sehingga berdampak pada kemampuan daerah dalam membiayai pembangunan yang diharapkan oleh masyarakat,” kata Bupati.(777)

You may also read!

GP ANSOR Gelar Turnamen Volly

DALAM Memperingati hari jadi ke-83, GP Ansor Kabupaten Kepahiang menggelar turnamen volly ball yang akan digelar dari tanggal 8

Read More...

Kades Minta Kejelasan Pengadaan Barang dan Jasa Desa

TUBEI,Bengkulu Ekspress – Forum kepala desa (FK) meminta kejelasan aturan mengenai pengadaan barang dan jasa. Sekaligus aturan pembayaran penghasilan

Read More...

Pemda Tindak Tegas ASN “Nakal”

TUBEI,Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Lebong, pada Rabu (29/3/2017) melaksanakan rapat koordinasi penindakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Read More...

One commentOn Lebong Diklaim Semakin Maju

Comments are closed.

Mobile Sliding Menu