Laporkan Lowongan Kerja

bengkulutengah_kab_16-01Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnakertrans) Bengkulu Tengah (Benteng) meminta agar seluruh petinggi perusahaan yang ada di Kabupaten untuk Benteng untuk melaporan kebutuhan tenaga kerja di perusahaannya. Tujuannya untuk menekan tingginya angka pengangguran di kabupaten termuda di Provinsi Bengkulu itu.

Kepala Dinsosnakertrans Benteng, H Dahril Mukminin SKM meminta, agar laporan tersebut disampaikan perusahaan secara berkesinambungan setiap tiga bulan sekali kepada pihaknya.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan seluruh pimpinan perusahaan, agar mereka secara periodik menyampaikan kebutuhan tenaga kerja atau buruh di perusahaannya masing-masing. Sehingga ketika ada lowongan, kami bisa langsung menyampaikannya kepada para pencari kerja,” kata Dahril.

Menurutnya, melaporkan kebutuhan tenaga kerja memang seharusnya dilakukan oleh perusahaan agar putra daerah Bengkulu Tengah tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri.

“Pencari kerja di Benteng ini cukup tinggi, dari hasil pendataan yang kami lakukan sepanjang 2015 lalu, sedikitnya ada 355 warga Benteng sudah mengurus pembuatan kartu kuning untuk syarat mendapatkan pekerjaan. Sedangkan diawal 2016 ini, kami telah mencatat sebanyak 10 orang pencari kerja yang sudah membuat kartu kuning, 8 orang diantaranya laki-laki dan 2 orang wanita,” terangnya.

Namun ia tidak bisa memastikan apakah warga yang membuat kartu tersebut semuanya pengangguran atau sudah bekerja tapi masih mencari yang lebih baik dengan gaji yang menjanjikan, karena pihaknya hanya mendata pencari kerja.

“Tak semua Pencaker adalah pengangguran. Biasanya mereka membuat kartu pencari kerja di Dinsosnakertrans sebagai syarat untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang ada saat ini. Yang pastinya, terlepas mereka sudah mendapatkan pekerjaan atau belum, kita akan tetap menyampaikan informasi jika ada lowongan pekerjaan,” pungkas Dahril.(135)