Lansia Hidup Memprihatinkan di Pondok Kebun

TP PKK Seluma saat memberikan bantuan kepada lansia, kemarin
Jefryy/BE- TP PKK Seluma saat memberikan bantuan kepada lansia, kemarin.

SEMIDANG ALAS,BENGKULU EKSPRESS – Tim Penggerak PKK Kabupaten Seluma, pagi kemarin (28/11), mengunjungi rumah pasangan lansia yang tinggal di pondok kebun yang jelek di Desa Petai Kayu Kecamatan Semidang Alas (SA). Pasangan lansia ini Mili (74) dan Mida (64) kehidupannya memprihatinkan sejak rumah mereka terbakar.

“Kami sudah mengusulkannya agar pasangan ini mendapatkan program bedah rumah, tetapi belum terlaksana sehingga mereka tinggal di pondok yang ada di kebunnya,” tegas Kepala Desa Petai Kayu Dodi Haryadi kepada BE.
Dalam kunjungan itu TP PKK Seluma memberikan bantuan pakaian layak pakai, serta kebutuhan lainnya seperti sembilan bahan pokok (sembako). Guna menopang kehidupan pasangan suami istri yang sudah renta itu. Keduanya tinggal di sebuah pondok yang sangat sederhana bisa dikatakan tak layak. Pondok itu terbuat dari kayu dan beratap daun rumbia, dengan ukuran yang kecil. Di dalam pondok itupun tidak ada peralatan rumah tangga yang memadai .
Pasangan lansia ini mempunyai lima orang anak, namun anak mereka juga hidup sederhana, sehingga tidak bisa membantu orang tuanya. Termasuk untuk membantu mendirikan rumah yang layak.

“Bagi masyarakat yang mau memberikan bantuannya, maka silahkan dan bisa langsung mendatangi kediamanya,” tegasnya. Sementara itu, Pengurus TP PKK Kabupaten Seluma Zuraini Irwan SP mengatakan, TP PKK Seluma membuka rekening khusus untuk menampung bantuan. Saat ini sudah terkumpul bantuan sebesar Rp 3,6 juta berasal dari sumbangan anggota TP PKK. Kemudian bagi masyarakat termasuk ASN di Seluma yang ingin membantu bisa mentransfer ke rekening TP PKK.

“Untuk rekeningnya baru akan diproses, nanti setelah dananya terkumpul disumbangkan agar bisa digunakan untuk membangun rumah yang layak bagi pasangan lansia tersebut,” tegas Zuraini. (333)