Lanal Bengkulu Berpeluang Naik Tipe

foto-danlantamal-ii-padang-3
Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI, Rudwin Thalib SE saat tiba di Markas Lanal Bengkulu, kemarin (18/11). (Foto BUDHI/BE).

BENGKULU, BE – TNI Angkatan Laut (AL) Bengkulu mendapatkan kunjungan dari Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama TNI, Rudwin Thalib SE, kemarin (18/11).

Dalam kunjungannya, Rudwin Thalib mengatakan, tidak lain karena Lanal Bengkulu masuk dalam wilayah tugasnya sehingga setelah mengunjungi Pulau Nias, ia pun berinisiatif mengujungi Bengkulu.

Selain itu, ia juga menyampaikan peluang Lanal Bengkulu untuk naik menjadi tipe B bisa saja terjadi, karena selama ini Lanal Bengkulu hanya tipe C.

“Saya sengaja mengujungi Provinsi Bengkulu dan melihat kondisi Lanal Bengkulu yang sudah sangat baik dan berpotensi bisa naik dari tipe C ke tipe B,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Lanal Bengkulu ini sudah memenuhi standar satuan yang lengkap dan memiliki pasukan yang siap mengamankan perairan laut Bengkulu dari segala macam bahaya, karena untuk saat ini Lanal Bengkulu selalu masuk dalam pantauan dirinya.

“Saya yakin TNI AL Bengkulu bisa memberikan keamanan terutama di wilayah lautnya, dan saya yakin semua petugas di sini siap mempertaruhkan nyawa dan raganya demi keamanan dan kenyamanan warganya,” paparnya.

Selain itu, ia menambahkan, kunjungannya ke Lanal Bengkulu juga untun mengetahui apa saja yang terdapat di Bengkulu, baik dari segi kesiapan anggotanya, bahkan kesediaan alutsista atau perlengkapan perang yang ada di TNI AL Bengkulu.

“Karena ini wilayah tanggung jawab saya sebagai komandan bagian wilayah barat, jadi saya harus mengetahui bagaimana kondisi wilayah di bawah kepemipinan saya termasuk masalah kelengkapan alutsistanya,” jelasnya.

Selain itu, ia pun menegaskan tidak menutup kemungkinan wilayah Lanal Bengkulu yang selama ini dipimpin oleh letkol, tahun depan bisa dijabat kolonel.

“Semua itu tergantung dari tugas pokok, wilayah dan beban kerjanya, jika beban kerjanya berat itu kemungkinan bisa segera ditingkatkan menjadi tipe B yang dipimpin oleh letkol,” ujarnya.

Sementara itu, Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P), Fajar Rusdianto mengaku sangat bangga dan senang bisa dikunjungi Danlatamal II Padang karena bisa lebih memotivasi pihaknya dalam mengamankan perairan laut Bengkulu.

“Kita juga akan menyampaikan apa saja menjadi hambatan kita selama ini sehingga bisa menjadi pertimbangan komandan agar Bengkulu bisa lebih siap lagi dalam menghadapi segala bahaya yang ada di Bengkulu,” tukasnya. (529)