Ladang Ganja Ditemukan Lagi

Jajaran Polres Rejang Lebong saat menemukan ladang ganja seluas 0,5 hektar dikawasan Desa Kampung Jeruk Kecamatan Binduriang kemarin (1)CURUP, BE – Jajaran Polres Rejang Lebong kembali berhasil mengungkap keberadaan Ladang ganja di wilayah calon Kabupaten Lembak. Ladang ganja yang ditemukan kali ini seluas 0,5 hektar. Ladang ganja tersebut ditemukan pada Jumat (10/4) kemarin.

Menurut Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto SH SIk melalui Kasat Narkoba Iptu Ardiansyah SH, mengungkapkan ladang ganja tersebut berada di Dusun Talang Tiga Desa Kampung Jeruk Kecamatan Binduriang. Dari lokasi ladang ganja petugas mengamankan 500 batang ganja yang berumur sekitar 4 hingga 7 bulan.

“Total batang ganja yang kita temukan di lapangan sebanyak 500 batang, karena jumlah personel yang turun cukup, sehingga seluruh barang bukti kita amankan ke Mapolres Rejang Lebong ini,” terang Ardiansyah.

Menurut Ardiansyah, keberhasilan pihaknya menemukan ladang ganja tersebut berkat informasi dari masayarakat. Bahkan sebelum melakukan penggerebekan kemarin, pihaknya sudah satu bulan lebih melakukan penyelidikan. Setelah dipastikan kemudian baru dilakukan penggerebekan kemarin.

Lebih lanjut Ardiansyah menjelaskan, keberadaan ladnag ganja sendiri berjarak sekitar 2 Km dari pemukiman penduduk. Dengan medan yang terjal karena kawasan tersebut merupakan kawasan perbukitan sehingga dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan kaki.

Ladang ganja yang ditemukan kali ini memang berbeda dengan penemuan pihaknya sebelumnya. Dimana bila ladang ganja yang ditemukan sebelumnya ditanam dengan tumpang sari dengan tanaman lain seperti kopi. Namun masih berada lahan milik warga bukan hutan lindung.

“Untuk ladang yang kita temukan kali ini murni semuanya tanaman ganja, jadi setengah hektar tersebut berisikan 500 batang ganja semua,” jelas Ardiansyah.

Selain itu ia juga menjelaskan, dengan melihat kondisi di lapangan, pihaknya memastikan bila ladang ganja tersebut memang belum pernah dipanen. Hal ini terlihat dari masih utuhnya semua batang ganja yang ditanam di kawasan tersebut. Sementara itu untuk pelaku penanaman sendiri belum berhasil diamankan karena, saat dilakukan penggerebekan pemilik ladang ganja tidak ada di tempat.

“Kemungkinan pelaku penanam sudah tahu kedatangan kita, sehingga saat kita tiba di lokasi sudah tidak ditemukan lagi. Selain itu ladang tersebut sepertinya memang tidak ditunggu karena tidak ada pondok disekitar lokasi ladang ganja,” ungkap Ardiansyah.

Pasca ditemukannya ladang ganja tersebut, Ardiansyah mengakui pihaknya telah melakukan penyisisran di sekitar lokasi dengan radius hingga 100 meter namun tidka ditemukan ladang lain maupun pemiliknya. Hingga akhirnya seluruh barnag bukti batang ganja yang tingginya mencapai 2 meter tersebut ke Mapolres Rejang Lebong guna penyidikan lebih lanjut.(251)