Kursi Senator Masih Seksi

DPD RI15 Kandidat Menuju Senayan

KURSI senator sepertinya masih seksi. Sehingga menarik untuk diperebutkan. Dari empat kuota kursi senator daerah pemilihan (Dapil) Bengkulu, sudah ada 15 bakal calon (Balon) mendaftar. Tiga kandidat merupakan incumbent yaitu, Ahmad Kanedi, Eni Khairani, dan Riri Damayanti. Sedangkan, Sultan B Najamudin yang pernah menjadi anggota DPD RI kembali mencalonkan lagi. (lihat grafis)

KPU Provinsi Bengkulu sendiri resmi menutup pendaftaran berkas pencalonan anggota DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu. KPU terakhir kali menerima berkas pendaftaran pencalonan anggota DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu pukul 24.00 WIB malam.

KPUAnggota Komisioner KPU Provinsi, Zainan Sagiman, mengatakan selama 5 hari pembukaan pendaftaran sampai pukul 15.00 WIB, Kamis (26/4) KPU Provinsi Bengkulu telah menerima berkas pencalonan sebanyak 13 berkas langsung diantarkan oleh calon tersebut. Tetapi berkas tersebut masih banyak yang kurang lengkap sehingga ada beberapa yang dikembalikan. “Baru 6 berkas calon yang telah mendapat tanda terima (TT) berkas yang lengkap dari KPU Provinsi, kita tunggu berkas calon lain untuk segera perbaiki”, ungkapnya.

Setelah penerimaan berkas calon, KPU Provinsi Bengkulu akan segera melakukan tahap verifikasi penelitian administrasi selama 14 hari kedepan, setelah itu dilanjutkan ke tahap verifikasi penelitian Vertual selama 3 minggu, dengan sistem memeriksa sampel 10 persen dukungan untuk masing-masing Kabupaten/kota Bengkulu.

“Untuk penetapan sebagai daftar calon tetap (DCT) anggota DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu merupakan kewenangan KPU RI, kita hanya melakukan proses pendaftarannya saja” tambah Zainan.

Sementara itu pada hari keempat pembukaan pendaftaran sebagai calon anggota DPD RI Dapil Bengkulu, KPU Provinsi Bengkulu kembali menerima 4 berkas pendaftaran pencalonan yaitu dari Agusti, Cupli Risman, Hj. Eni Khairani dan Elfy Hamedi.

Dari pantauan Bengkulu Ekspress, yang menarik pendaftaran calon DPD RI pada hari keempat ini ialah saat pendaftaran Cupli Risman dan Hj. Eni Khairani karena diiringi ratusan massa yang ikut mengatar dukungan.

Cupli Risman hadir pada pukul 11.00 wib disambut tarian penyambutan serta ratusan massa pendukungnya dan pedagang kaki lima. Cupli Risman membawa 3009 KTP dengan sebaran 10 Kabupaten/kota. sedangkan Hj.
Eni Khairani juga diiringi ratusan massa pendukungnya yang rata-rata masih remaja dan anak muda.

Ia hadir pada pukul 11.30 WIB membawa 3027 KTP yang dengan sebaran 10 Kabupaten/ kota se-Provinsi Bengkulu. Dilain waktu, Agusti hadir pada pukul 10.00 WIB menyerahkan dukungan 2168 KTP dengan sebaran sepuluh Kabupaten Satu kota Bengkulu.

Agusti merupakan pengusaha yang juga mantan anggota DPRD Provinsi priode tahun 2004 – 2009 dari partai PDIP

“Tujuan saya maju kek DPD RI supaya lebih mengenalkan Provinsi Bengkulu ini selain itu juga supaya anggaran dari APBN lebih banyak lagi untuk pembangunan di Provinsi Bengkulu ” ujar Agusti.

Lain hal dengan Wakil Ketua DPRD Provinsi Elfy Hamedi hadir pukul 13.30 WIB hanya Di dampingi dengan beberapa stafnya saja. Elfy Hamedi membawa 2106 KTP dengan sebaran 8 Kabupaten /Kota, “Pengabdian saya untuk Provinsi Bengkulu saya lanjutkan di DPD RI, saya mohon restu kepada masyarakat Bengkulu dan juga partai tempat saya selama ini berkarir “ungkap Politisi Golkar ini.

Sementara pada hari kelima KPU Provinsi Bengkulu sampai pukul 16.30 WIB baru menerima 3 berkas tambahan dari 6 calon yang telah mengkonfirmasi akan datang untuk mendaftar. Tiga pendaftar tersebut atas nama Dr. Heri Budianto M. Si dan anggota DPD incumbent Riri Damayanti Jhon Latif. Heri datang pada pukul 11.00 WIB membawa 2700 KTP Dukungan dengan sebaran delapan kabupaten dan kota. Untuk Riri datang pada pukul 14.30 WIB membawa 2851 KTP dengan sebaran Tujuh kabupaten dan kota Bengkulu. Sedangkan Fatrolazi datang pada pukul 14.00 WIB dengan membawa 3122 KTP dukungan. Sementara, tiga bakal calon mengkonfirmasi akan mengatarkan berkas pada detik-detik akhir sampai pukul 24.00 WIB, yaitu atas nama Sultan B Najamudin, Adri Liyusno (cik5)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*