Sabtu, 20/07/2013 - 13:41 WIB
Berita Utama | beonline - Bengkulu Ekspress

Kuota Bengkulu 295 CPNS

dd
Formasi Guru Mendominasi
BENGKULU,  BE – Penerimaan CPNS tahun ini tidak akan memberikan banyak pilihan formasi. Selain kuota yang diberikan sedikit, tapi juga formasi yang dibuka juga terbatas. Pasalnya, KemenPAN dan RB sangat selektif memberikan kuota dan formasi CPNS bagi Pemda.
Informasi yang dihimpun BE, di Provinsi Bengkulu kuota CPNS secara keseluruhan hanya 295 orang. Padahal usulan masing-masing Pemda mencapai ribuan orang. Beberapa Pemda yang mendapatkan izin menyelenggarakan tes CPNS mayoritas formasi yang diberikan didominasi guru. Bahkan ada tidak menerima CPNS formasi teknis maupun kesehatan kecuali Pemprov Bengkulu. Kuota terbesar diperoleh Pemprov Bengkulu 180 orang dengan formasi teknis dan kesehatan. Selanjutnya Bengkulu Tengah 50 orang, Rejang Lebong 35 orang. Sedangkan Seluma, Lebong dan Kepahiang masing-masing 30 orang. Kelima kabupaten itu hanya diberikan kewenangan untuk merekrut tenaga guru. Selain itu penerimaan CPNS tahun ini juga tidak menerima tamatan SMA.
Seperti di Seluma tahun ini hanya mendapatkan jatah kuota penerimaan CPNS 30 orang saja. Itu pun hanya meliputi bagi guru kelas dan guru produktif atau bidang studi. Sedangkan untuk tenaga teknis, dan kesehatan tahun ini tidak menerima kuota.
“Kita hanya menerima sebanyak 30 orang saja dari 3.428 dari usulan. Namun nantinya masih akan menunggu perintah dari Pemprov. Kuota ini jauh dari kebutuhan tenaga pegawai,”tegas Kepala BKD Seluma Drs Suparto MSi ketika dikonfirmasi, kemarin.
Dijelaskannya Senin (22/7) mendatang BKD Seluma akan mengadakan rapat dengan BKD Provinsi Bengkulu guna membahas lebih lanjut. Karena pengumumannya nanti akan disampaikan sebelum penerimaan CPNS tahun ini.
Sedangkan untuk penerimaan CPNS tahun 2013 akan dilakukan pada September atau Oktober mendatang. Sehingga sebelumnya akan diumumkan penerimaannya melalui media masa.
Karena usulan yang disampaikan hanya disetujui sebanyak 30 orang dan khusus guru kelas dan produktif. Kepala BKD mengatakan terpaksa untuk kekurangan tenaga teknis di Kabupaten Seluma terutama untuk mengisi kekosongan di kelurahan dan kecamatan harus ditunda. Padahal saat ini masih banyak kelurahan yang masih kekurangan stafnya. Selain itu, untuk mengisi PNS yang akan pensiun tahun ini dan tahun 2014 mendatang juga belum bisa diisi.
Tak bisa dipungkiri, jika kabupaten Seluma masih mengalami kekurangan tenaga pengajar terutama guru termasuk SMA dan SMK. Selain itu, kebutuhan akan tenaga kesehatan juga masih sangat kurang. Sehingga tahun depan BKD Seluma kembali akan mengusulkannya kembali ke BKN pusat dan juga Kemen PAN dan RB
“Kendati masih kurang namun kita masih bersyukur karena dapat kuota 30 orang untuk guru,”tegasnya
Senada diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) RL, Drs. Sudirman dari hasil rapat bersama KemenPAN dan RB dengan seluruh Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) se-Indonesia terungkap, Kabupaten Rejang Lebong hanya mendapat kuota penerimaan CPNS 35 orang. Itu pun hanya untuk tenaga pendidik atau guru dengan minimal pendidikan Strata 1 (S1).
“Benar, kita mendapat kuota penerimaan tenaga pendidik atau guru tahun ini jumlahnya 35 orang,” ujar Sudirman dihubungi via handphone usai mengikuti rapat penentuan kuota di Jakarta, kemarin.
Untuk pelaksanaan tes CPNS, Sudirman mengaku masih menunggu petunjuk teknis dari KemenPAN. “Saya dan Kepala BKD sudah menerima rincian penerimaan CPNS formasi guru. Pelaksanaannya mungkin akan serentak dengan daerah lain atau dalam jarak waktu dengan tidak berjauhan,” kata Sudirman.
Padahal Badan Kepegawaian Daerah (BKD) RL mengajukan formasi CPNS sebanyak 1.507 orang ke Men PAN dan RB, dengan rinciannya tenaga guru 522 orang, tenaga kesehatan 68 orang, teknis 641 orang dan teknis langsung 276 orang.
Di bagian lain, untuk jalur penerimaan CPNS dari honorer Kategori 2 (K2) yang akan segera dimulai tahapannya tahun ini. “Penerimaannya sama, tapi teknis dan caranya yang berbeda. Untuk penerimaan umum, semuanya formasi guru. Sementara kalau K2, akan disesuaikan dari tempat bertugas selama ini atau ada pertimbangan penempatan lainnya kelak,” jelas Sudirman.

Masih Dirahasiakan
Sementara itu sekalipun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menetapkan  formasi CPNS, empat Pemda masih merahasiakan kuota yang diterima. Keempatnya Pemda Provinsi, Lebong, Kepahiang, dan Bengkulu Tengah.
Kepala  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Tarmizi BSc SSos berdalih, formasi tersebut disampaikan oleh KemenPAN-RB dalam bentuk surat resmi yang ditujukan kepada kepala daerah atau Gubernur Bengkulu. Ia tidak berani membuka amplop surat tersebut sebelum dibuka terlebih dahulu oleh gubernur.
“Khusus formasi CPNS untuk Pemerintah Provinsi Bengkulu, suratnya sudah di tangan saya. Tapi, mohon maaf saya belum bisa menyampaikan isinya karena surat yang berisi  formasi CPNS itu tujukan kepada gubernur, bukan kepada kepala BKD,” kata Tarmizi saat dihubungi BE melalui handphone, kemarin.
Tarmizi mengaku, berhubung hari ini, maka surat itu baru akan disampaikan ke gubernur Junaidi Hamsyah pada Senin (22/7) besok. Dan nanti gubernur yang akan menyampaikan berapa jumlah CPNS yang boleh direkrut oleh Pemrov tahun ini.
Sementara formasi untuk 5 kabupaten, yakni Seluma, Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong dan Bengkulu Tengah, sudah di tangan kepala BKD-nya  untuk diberikan kepada bupati di lima kabupaten tersebut.
“Formasi untuk 5 kabupaten itu sudah diambil oleh kepala BKD-nya untuk disampaikan kepada daerahnya masing-masing. Sedangkan BKD sendiri tidak memiliki kewenangan untuk membuka suratnya terlebih dahulu,” terangnya.
Tak berbeda diungkapkan Kabid Pengadaan Pegawai dan Organisasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lebong H Guntur SSos. Ia enggan menyebutkan berapa jumlah kuota dan formasi apa saja yang diperoleh Kabupaten Lebong tersebut. Sebab, hendak dilaporkan terlebih dahulu kepada Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi sebelum diumumkan di media massa.
“Nanti saja, tunggu kami pulang dulu dari Jakarta. Sebab hasil dari rapat di KemPAN dan RB ini mau kami laporkan terlebih dahulu kepada bapak Bupati. Kita tunggu saja nanti, pasti akan kami umumkan berapa jumlah kuota dan formasi untuk Lebong dalam penerimaan CPNS 2013 ini,” ungkapnya.
Diketahui, untuk usulan jumlah kuota yang disampaikan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lebong ke BKN Pusat mencapai 906 CPNSD. Kuota yang diusulkan mulai dari formasi SMP, SMA hingga kuota untuk formasi S1 dan S2. Untuk formasi SMP diperlukan memenuhi kebutuhan penjaga sekolah, pengantar surat, penjaga kantor dan lainnya. Sedangkan untuk formasi SMA sendiri, diusulkan untuk memenuhi kebutuhan sopir kepala dinas, anggota satpol PP, anggota Polhut dan sebagai petugas administrasi umum.

Upayakan Transparan
Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamudin menyambut baik Pemerintah Provinsi Bengkulu diberikan kesempatan oleh KemenPAN – RB untuk menggelar tes CPNS tahun 2013 ini.  Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, Sultan mengaku akan memperjuangkan agar tes CPNS kali ini bisa transparan serta bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN).  Langkah transparansi ini dinilai tepat untuk menghindari adanya sogok-mengogok dalam penerimaan CPNS.
“Mengenai PNS atau CPNS memang salah satu tupoksi saya sebagai Wagub,  dan saya akan memperjuangkan semaksimal mungkin agar proses seleksi bisa transparan dan terbuka, sehingga proses seleksi terbuka dan dapat diakses oleh publik,”  tukas adik kandung Agusrin M Najamudin itu. (400)
Begitu pula dengan Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH. Meskipun hanya 30 orang yang akan diterima. Pemda Seluma berani menjamin jika penerimaan nantinya akan dilakukan secara selektif dan jujur tanpa ada melalui uang ataupun sogokan.
“ Saya berani jamin penerimaan kali ini melalui hal yang transparan dan jujur dan tidak ada kecurangan,”tegasnya.(999/333/777/400)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


1 × satu =

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved