Kunci Jawaban UN Beredar Via SMS

CURUP, BE – Pada hari kedua pelaksanaan ujian nasional (UN) kemarin, beredar kunci jawaban untuk sejumlah paket soal UN SMA sederakat di Rejang Lebong.  Meskipun baru muncul pada hari kedua kemarin, namun perkirakan kunci jawaban yang beredar melalui pesan singkat berupa SMS tersebut sudah beredar sejak hari pertama.  Kunci jawaban yang beredar tersebut adalah kunci jawaban untuk mata pelajaran Matematika yang dilaksanakan kemarin, dan Bahasa Ingris yang dilaksanakan pada hari ini.
Untuk kunci jawaban Bahasa Ingris yang beredar lengkap dengan beberapa paket soal yang akan dikerjakan oleh siswa mulai dari paket 1 hingga 5. Untuk paket 1 smsnya berisi Paket 1. 1-10ABCADAEEAD, 11-20ACDAEECAAB, 21-30 BBACEDDCBC, 31-40CDADBDAACD. 41-50AABBCAEAEA.
Terkait dengan perihal tersebut, saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan Rejang Lebong, Zakaria Effendi MPd mengaku belum mengetahui dan menerima terkait dengan laporan beredarnya dugaan kunci jawaban tersebut. Namun ia memastikan bahwa kunci jawaban tersebut adalah palsu.
“Saya harap para siswa jangan ada yang percaya bila mendapat SMS terkait dengan jawaban soal UN, karena sudah bisa dipastikan itu palsu,” tegas Zakaria.
Menurut Zakaria, beredarnya kunci jawaban palsu tersebut bisa saja mempengaruhi para pelajar. Namun ia meminta kepada para peserta UN untuk percaya diri selama mengisi soal jawaban tanpa berpatokan dengan kunci jawaban yang ada.
Selain itu, ia juga menegaskan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kunci jawaban yang diduga palsu, pihaknya sudah melarang peserta ujian membawa alat elektronik seperti HP ke dalam ruangan ujian, sehingga bisa meminimalisir beredarnya kunci jawaban palsu terlebih melalui SMS.  “Sekali lagi kita imbau agar siswa jangan percaya dengan kunci jawaban yang beredar, karena sudah dipastikan itu palsu,” tambah Zakaria. (251)