KTP Elektronik Dibagikan

CURUP, BE– Keinginan masyarakat  untuk memiliki  KTP elektronik (KTP- el) segera terealisasi dalam waktu dekat ini. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong   segera melakukan pembagian KTP-el. “Saat ini kita sedang melakukan pendataan terkait yang sudah melakukan perekaman,” jelas Kepala Dukcapil Rejang Lebong, Ir Aby Sofyan.
Aby menjelaskan sedikitnya ada 3 ribu KTP-el  akan  dibagikan di 15 kecamatan, “pembagian tentunya tidak merata di setiap kecamatan. Pembagian ini akan disesuaikan dengan kuota dan warga  telah melakukan perekaman sejak tahun 2012 lalu,” tambah Aby.
Sementara itu, disinggung mengenai jumlah penduduk  belum memiliki KTP-el,  Aby menjelaskan, saat ini setidaknya ada sekitar 50 ribu masyarakat  belum memiliki KTP- el.  50 ribu tersebut termasuk mereka   sudah melakukan perekaman, namun belum menerima fisik KTP-el.  “Angka tersebut tentunya akan semakin bertambah, mengingat setiap hari jumlah wajib KTP bertambah seiring dengan  bertambahnya umur masyarakat Rejang Lebong,” papar Aby.
Dalam kesempatan tersebut ia juga mengimbau kepada petugas yang ada di Kecamatan  untuk berperan aktif untuk melakukan pemurnian data dan tuk masyarakat yang belum melakukan perekaman, ia meminta agar  segera melakukan perekaman KTP El di kantor camat tempat ia tinggal atau bisa mendatangai kantor Dukcapil Kabupaten  Rejang Lebong.(251)