KRI Banda Aceh Bersandar di Dermaga Pulai Baai Bengkulu

RIO/Bengkulu Ekspress SINGGAHI BENGKULU: Peserta Pelayaran Nusantara (Pelantara) Sail Sabang 2017 yang terdiri dari Pramuka Saka Bahari TNI AL dan Bakti Bela Negara Kemenhan RI melakukan aktifitas di atas kapal KRI Banda Aceh yang berlabuh di Pelabuhan Pulau Baai, Senin (11/12).
RIO/Bengkulu Ekspress SINGGAHI BENGKULU: Peserta Pelayaran Nusantara (Pelantara) Sail Sabang 2017 yang terdiri dari Pramuka Saka Bahari TNI AL dan Bakti Bela Negara Kemenhan RI melakukan aktifitas di atas kapal KRI Banda Aceh yang berlabuh di Pelabuhan Pulau Baai, Senin (11/12).

Ratusan Pemuda Ditempa Cinta Tanah Air

Pelantara VII merupakan kegiatan mengelilingi Sumatera dengan tujuan untuk mengenalkan anak-anak bangsa mengenai kekayaan laut di Indonesia dan kemaritiman.

Budhi Sulaksono,
KOTA BENGKULU
====

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu menerima kunjungan Kapal Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh 593 pada Senin 11 Desember 2017 pukul 06.00 WIB. Kedatangan kapal ini disambut oleh Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Agus Izudin ST.

KRI Banda Aceh yang dikomandani Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto SE MH dan Dansatgas Pelantara VII Sail Sabang 2017, Letkol Laut (P) Sukrisno ST MSi tiba di Bengkulu dalam rangka Pelayaran Nusantara (Pelantara) 2017 dan Satuan tugas (Satgas) Pelantara VII Saka Bahari TNI Angkatan Laut dan Bakti Bela Negara Sail Sabang 2017.

Kegiatan ini diikuti 774 orang terdiri yang terdiri dari Pramuka Saka Bahari TNI Angkatan Laut sebanyak 416 orang, Bakti Bela Negara Kemhan RI sebanyak 258 orang dan ABK KRI Banda Aceh 593 sebanyak 100 orang.

Giat penyambutan para peserta Saka Bahari dan Bela Negara serta ABK KRI tersebut berlangsung di dermaga Pelabuhan Pulau Baai Pelindo II, Jalan Ir Rustandi Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.

Dansatgas Pelantara VII Sail Sabang 2017, Letkol Laut (P) Sukrisno ST MSi, menjelaskan pelayaran lingkar Nusantara ini akan berlangsung selama satu bulan kedepan dan kegiatan seperti ini akan rutin dilakukan setiap tahun.

Sebelum ke Bengkulu, para peserta sudah melakukan perjalanan yang dijual dari Jakarta, menuju Batam terus ke Sabang lanjut ke Pandang dan sekarang ini di Provinsi Bengkulu.

“Mulai berlayarnya, tanggal 20 November dan akan berakhir pada tanggal 20 Desember nantinya,” terang Dansatgas Pelantara VII Sail Sabang 2017, Letkol Laut (P) Sukrisno ST MSi kemarin (11/12).

Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII merupakan kegiatan mengelilingi Sumatera dengan tujuan untuk mengenalkan anak-anak bangsa mengenai kekayaan laut di Indonesia dan kemaritiman, sehingga sejak dini jiwa tersebut bisa tertanamkan dimasing-masing peserta nantinya. “Selain itu, kita juga akan mengadakan beberapa kegiatan perlombaan dan kegiatan lainnya selama di atas kapal dan di Provinsi Bengkulu yang rencananya akan berlangsung selama 3 hari ini,” jelasnya.

Sementara itu, komandan KRI Banda Aceh, Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto SE MH menjelaskan, sekarang ini KRI Banda Aceh yang bersandar di Bengkulu membawa 100 orang anggota atau ABK. “Kita akan melintasi laut Sumatera, nanti daerah yang dilintasi akan disinggahi. Di daerah yang disinggahi itu, akan ada kegiatan selama 2-3 hari lamanya. Setelah itu akan berlayar lagi ke daerah lain, ” bebernya.

Selain itu, Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin ST mengatakan, sangat menyambut baik kedatangan KRI Banda Aceh dan para peserta Perantara Sail Sayang 2017 ini yang mana ada 5 orang Pramuka perwakilan Bengkulu didalamnya. “Ini sudah kesekian kalinya kapal KRI Banda Aceh merapat ke Bengkulu namun kali ini dengan misi yang berbeda dan akan kita sambut dengan sebaik baik mungkin,” jelasnya.

Ia menyebutkan, rencananya hari ini, akan dilakukan penyambutan yang dilakukan oleh Plt Gubernur Bengkulu H Rohidin Mersyah MMA dan tamu undangan lainnya yang berlangsung di dermaga Pelabuhan Pulau Baaik Pelindo II.

“Kegiatan berlangsung sampai ta ggal 13 Desember dan tanggal 14 kapal KRI Banda Aceh sudah kembali lagi ke Jakarta,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta Pelantara Sail Sabang 2017, asal Provinsi Jawa, Siti Ayu mengatakan, wilayah Provinsi Bengkulu sangat nyaman dan tenang meskipun baru hari pertama berada di Bengkulu dan sangat senang bisa ikut serta dalam kegiatan ini dan mengelilingi setiap Provinsi yang ada di Indonesia.

“Saya senang dengan penyambutan yang ada di Bengkulu dan saya berharap tahun depan bisa ikut lagi nantinya,” tutupnya.

Hadir dalam penyambutan, Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin ST, Pasops, Pasintel, Paspotmar, Dandenpomal, Dankal Pulau Mego dan perwira staf serta Prajurit Lanal Bengkulu. (529)