KPUD Rekrut 660 PPK/PPS

Ketua KPU Kaur Sirajuddin Aksa, M.TPd

BINTUHAN,BE-KPUD Kaur segera melakukan perekrutan 660 PPK/PPS untuk menghadapi Pilkada tahun 2015 ini. Namun, masih menunggu pengesahan draf Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Rencananya rekrutmen PPK/PPS dilaksanakan 19 April nanti.
“Dalam draf PKPU Pilkada pelaksanaan rekruitmen panitia ad hoc yakni 19 April. Tapi itu belum bisa dilakukan kalau PKPU belum ditanda tangani,” kata Ketua KPUD Kaur Sirajjudin Aksa,M.TPd kemarin.
Sirajjudin mengatakan, perekrutan 660 petugas PPK/ PPS ini belum bisa dilakukan. Saat ini pihaknya masih menantikan 6 draf PKPU untuk di sahkan. Sehingga setelah nanti disahkan, tahapan pilkada baru bisa dimulai. Untuk itu sebelum pelaksanaan tahapan pilkada, pihaknya masih mempersiapkan beberapa kebutuhan, salah satunya yakni terkait anggaran pilkada.
“Kalau usulan alokasi dana sudah kita sampaikan yakni Rp 18,2 miliar, sementara dari sharing APBD tingkat satu untuk membayar honor panitia ad hoc sebesar 50 persen dari yang dibutuhkan. Tapi sampai saat ini belum pasti anggaran Pilkada itu berapa disetujui,” paparnya.
Ditambahkanya, untuk jumlah penyelanggaara yang nanti akan direkrut masih tetap seperti pelaksanaan pileg dan pilpres lalu. Sejumlah 75 orang anggota PPK dari 15 kecamatan dan 585 orang anggota PPS dari 195 desa dan kelurahan. Itu sesuai dengan undang-undang, dimana setiap PPK beranggota 5 orang dan PPS beranggota 3 orang. “Kalau jumlah PPK dan PPS tetap, mungkin nanti TPS-nya berkurang sehingga jumlah KPPS akan berkurang, yang jelas semuanya harus menjalani serangkaian tes tertulis dan tes wawancara,” pungasnya.(618)