KPU Persiapkan Data DPTT

ARGA MAKMUR, BE – Setelah melakukan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekaligus menetapkan 206.434 pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) sudah menyerahkan salinan DPT tersebut kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).
Selanjutnya, PPS dan PPS tersebut mengumumkan DPT tersebut kepada masyarakat, jika masih ada yang tercecer bisa dimasukkan ke DPT Tambahan (DPTT).

“Kita sudah menyerahkan salinan DPT kepada PPS melalui PPK, kemudian mereka akan mengumumkan kepada masyarakat dimulai tanggal 13 Oktober sampai pelaksanaan pilkada,” jelas Ketua KPU BU, Dr Rodi, Kamis (8/10).

Pendataan DPTT dimulai tanggal 13 sampai 20 Oktober. Sebelumnya KPU akan mengumumkan DPT, dimulai tanggal 12 sampai 19 Oktober, pengumuman DPT ditempelkan di kantor camat atau lurah yang tersebar di Kabupaten BU. Jika ditemukan DPT tambahan maka pemilih tersebut dimasukkan DPTT tahap I dan II.

Untuk perkiraan berapa jumlah DPTT, Rodi mengatakan masih belum bisa diperkirakan. “Tanggal 12 sampai 19 Oktober akan dimumkan DPT, kemudian DPT tambahan dimulai tanggal 13 sampai 20 Oktober. Untuk masyarakat yang merasa belum terdaftar namun sudah memenuhi syarat untuk memilih, silakan mendaftarkan diri ke ketua RT atau petugas PPS. Saya berharap masyarakat lebih proaktif mendaftarkan diri Pilkada serentak kali ini, agar Pilkada terselenggara dengan baik dan berjalan sukses,” imbuh Rodi.

Jumlah total DPT Kabupaten Bengkulu Utara sendiri sebanyak 206.434 pemilih, 105.622 diantaranya pemilih laki-laki dan 100.812 perempuan. Dari jumlah tersebut 4.052 diantaranya terdaftar sebagai pemilih pemula.
Untuk jumlah DPT terbanyak Kecamatan Ketahun berjumlah 33.392 pemilih, dan DPT paling sedikit Kecamatan Enggano, 2.248 pemilih. Total jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 582 tersebar di 220 Desa terdiri dari 17 Kecamatan.(167)