KPU Pastikan Rekapitulasi Suara Pilkada Transparan

CURUP, BE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong memastikan akan adanya transparansi saat penghitungan suara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Rejang Lebong Desember 2015 mendatang.  Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saifullah SH MH, saat menerima pengurus KNPI Rejang Lebong kemarin.
“Untuk menjamin transparansi penghitungan suara ini, scan model C-1 akan langsung ditayangkan diunggah ke website KPU sehingga masyarakat luas dapat segera tahu hasilnya,” ungkap Halid.
Menurut Halid dengan adanya transparansi tersebut, diharapkan bisa meminimalisir bahkan tidak menimbulkan pandangan negatif kepada pihaknya, dalam hal ini KPU Rejang Lebong sebagai penyelenggara Pilkada.  Lebih lanjut Halid menjelaskan, rekap model C-1 ini sebanyak 3 rangkap. Dimana satu rangkap akan dipegang oleh PPS, satu lagi dipegang oleh Panwaslu dan satunya dipegang oleh KPU.
“Dengan langsung ditayangkannya tersebut, masyarakat akan cepat tahu, selain itu saat ini proses rekapitulasi perolehan suara Pilkada sudah diperpendek dari PPS sudah langsung ke PPK di kecamatan masing-masing,” tambah Halid.
Dalam kesempatan tersebut, Halid juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada mendatang. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula serta mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada di Rejang Lebong.
Sementara itu, terkait dengan kedatangan pengurus KNPI Rejang Lebong, Ketua KNPI Rejang Lebong, Dwi Mardiantara menjelaskan kedatangan pihaknya untuk menyampaikan aspirasi dan keinginan mereka melibatkan organisasi kepemudaan dalam pelaksanaan Pilkada nanti.
“Kita dari KNPI Rejang Lebong siap membantu KPU Rejang Lebong untuk mensukseskan Pilkada nanti. Oleh karena itu, kita datang ke sini selain bersilaturahmi juga ingin mengetahui bantuan apa yang bisa kami berikan demi suksesnya pelaksanaan Pilkada di Rejang Lebong ini,” ungkap Dwi. (251)