Rabu, 16/10/2013 - 17:00 WIB
Lebong Ekspress | beonline - Bengkulu Ekspress

KPU Imbau Masyarakat Cek DPT

LEBONG UTARA, BE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mengecek daftar pemilih tetap (DPT) meskipun sudah ditetapkan, karena bagi yang belum terdaftar nantinya dapat menjadi pemilih khusus.
“Masyarakat silakan mengecek DPT yang datanya akan ditempel di kantor kelurahan dan TPS masing-masing desa. Bagi yang belum terdaftar bisa menjadi pemilih khusus,” jelas Ketua KPU Kabupaten Lebong Sugianto kepada wartawan yang ditemui kemarin (15/10).
Disebutkan Sugianto, hasil penyempurnaan data DPT Pileg 2014 yang sudah ditetapkan pada Minggu (13/10) lalu untuk data laki-laki sebanyak 39.787 dan data perempuan sebanyak 37.775 sehingga totalnya sebanyak 77.562 orang. Sementara untuk data DPT sebelumnya sebanyak 77652 orang, sehingga terjadi penurunan sebanyak 90 orang. Penurunan data tersebut di antaranya karena ada yang meninggal dunia, pindah alamat bahkan ada yang ganda. Ditambahkannya, untuk penempelan data DPT di setiap kelurahan dijadwalkan pada tanggal 17-18 Oktober dan masyarakat dapat langsung mengecek namanya sudah terdaftar atau belum.

Pemilih Ganda PB Ikut Lebong
Selain itu, terkait adanya data ganda di lima desa di kawasan Padang Bano, Ketua KPU membenarkan hal tersebut. Bahkan dari hasil singkronisasi kedua KPU yakni KPU Lebong bersama KPU Bengkulu Utara yang difasiltasi KPU Provinsi beberapa waktu lalu, masyarakat yang terdaftar didua tempat sudah memutuskan jika mereka akan memilih di Kabupaten Lebong.
“Jadi memang ada beberapa warga yang terdaftar ganda, namun sudah kita datangi dan menyuruh mereka untuk memutuskan akan memilih dimana dan mereka semua akan memilih ke Kabupaten Lebong. Hal ini karena berdasarkan aturan, setiap warga negara tidak boleh memilih di dua lokasi yang berbeda, karena hal tersebut merupakan pelanggaran pemilu,” jelas Sugianto.(777)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× sembilan = 63

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved