KPU BS Butuh Dana Rp 17,7 M

KOTA MANNA, BE – Setelah sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan (BS) mengajukan kebutuhan anggaran Rp 28 M untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) dua putaran, atau satu putaran sebesar Rp 19 M, maka kali ini usulan KPU itu turun. Mereka hanya mengajukan dana Rp 17,7 M kepada Pemkab BS untuk satu putaran.
Meskipun pada APBD 2015 lalu sudah disahkan sebesar Rp 9 M, maka atas kekurangan tersebut KPU meminta bisa dianggarkan pada APDBP 2015.
Kemarin KPU BS kembali berkoordinasi dengan Pemda BS agar dapat menganggarkan kekurangan dana tersebut.
Kabag Tapem Setkab BS, Drs Edie Hartawan MSi mengungkapkan, bahwa KPU BS sudah berkoordinasi dengan pihaknya terkait kebutuhan anggaran Pilkada. Menurutnya dalam proposal usulan KPU kebutuhan dana Pilkada satu putaran berkurang dari sebelumnya.
“Kalau saya lihat, dari usulan sebelumnya, dana yang diminta KPU turun,” katanya.
Menurut Edie, saat ini dana yang diminta KPU hanya Rp 17,7 M. atau turun Rp 1,3 M untuk periode yang sama. Atas usulan ini, sambung Edie, dirinya akan menyampaikannya ke Asisten III Setkab BS, Drs Yulian Fauzi MAP, dan kemudian dibahas bersama Sekkab BS, Rudi Zahrial. “Itu hasil koordinasi dengan KPU, namun apakah itu nanti  disetujui atau tidak, tergantung hasil rapat bersama Sekkab,” terang Edie.
Sementara itu, rombongan KPU yang mendatangi Pemda BS kemarin yakni Ketua KPU BS, Holman SE, komisioner Hendry SH, dan Kabag Keuangan KPU Romi SE.
Namun ketika dimintai keterangan perihal pertemuan dengan pihak Pemkab itu, Holman tidak mau berterus terang. “Kami tadi membicarakan seputar Pilkada, untuk jelasnya silakan tanyakan ke Kabag Tapem Pemda,” kata Holman. (369)