Kota Masuk Nominasi MKBH

BENGKULU, BE – Semangat program 8 (delapan) tekad Pemerintah Kota Bengkulu yang salah satunya Bengkuluku Sehat, secara perlahan mulai diakui secara nasional.  Kemarin (6/10) tim verifikasi lomba kota sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengunjungi Kota Bengkulu. Kedatangan tim verifikasi dari Kemenkes RI yang diketuai oleh Sadikin Sadek, M. Kes disambut langsung oleh Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE, saat mendarat di Bandara Famawati hingga menjamu di Balai Kota. Tampak hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, para Asisten, para Kepala Dinas, dan Ketua Tim Kota Sehat Kota Bengkulu.
Disampaikan Ketua Tim Verifikasi Sadikin Sadek, M.Kes, kedatangannya merupakan tindak lanjut dari telah lolosnya Kota Bengkulu pada tahap administrasi untuk masuk dalam penilaian lomba kota sehat nasional kategori Manggala Karya Bakti Husada (MKBH).
“Saya ucapkan selamat kepada Kota Bengkulu yang telah lolos dalam tahap administrasi penilaian lomba kota sehat nasional. Maka dari itu kami tim verifikasi kota sehat akan menilai langsung ke lapangan,” ujar Ketua Tim Verifikasi Sadikin Sadek, M.Kes saat memberikan kata sambutan di Balai Kota.
Sementara itu, Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE dalam kesempatan itu memaparkan bahwa program kesehatan Kota Bengkulu menjadi salah satu objek utama yang dilakukan Pemerintah Kota Bengkulu. Terlebih saat ini pelayanan telah didukung dengan RSUD kota serta program kesehatan penunjang lainnya, demi memenuhi pelayanan kebutuhan masyarakat.
“Pemkot Bengkulu memiliki program Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS), dan kita juga sudah memiliki Rumah Sakit Umum Daerah Kota. Melalui kerjasama serta kontribusi dari SKPD terkait, kita selalu mengutamakan dan sigap menangani masalah kesehatan,” ujar Helmi.
Untuk diketahui, tanda penghargaan bidang kesehatan adalah sebuah pemberian penghargaan kepada pelaku pembangunan di bidang kesehatan yang berjasa besar terhadap lingkungannya, yang terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan pembangunan kesehatan.
Beberapa aspek yang dinilai dalam lomba kota sehat nasional ini di antaranya adalah tatanan permukiman, sarana dan prasarana wilayah sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi yang sehat, serta tatanan kehidupan sosial masyarakat yang sehat. (805)