Kosakata Bengkulu Masuk KBBI

kepala kantor bahasa Bengkulu, Karyono S.Pd.,M.Hum
kepala kantor bahasa Bengkulu, Karyono S.Pd., M.Hum

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Tahun ini, kembali Kantor Bahasa Bengkulu, meyumbangkan kosakata daerah untuk diusulkan dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Melanjutkan perbendaharaan kata baru KBBI, sebagaimana pada 2017, kosakata bahasa Bengkulu ada yang lolos masuk dalam KBBI.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Bahasa Bengkulu Karyono kepada Bengkulu Ekspress kemarin. Menurutnya, saat ini Kantor Bahasa melakukan penginventarisasian kosa kata daerah untuk menunjang kamus bahasa Indonesia tersebut.

”Tahun lalu, Bengkulu pun sudah ikut andil dalam menginventaris bahasa daerah. Alhamdulillah kosakata dari Provinsi Bengkulu sudah ada dalam KBBI bahasa daerah,” kata Karyono.

Kosakata bahasa Bengkulu yang masuk KKBI pada 2017 sebanyak seribu kata. Tahun ini juga ditargetkan dalam jumlah yang sama.
Memasukkan istilah kosakata daerah ini menjadi agenda rutin Kantor Bahasa. Dalam pelaksanaannya melibatkan beberapa unsur seperti media, masyarakat umum dan banyak lagi.

”Pada pelaksanaannya memasukkan kosakata lewat kamus daring. Para peserta akan dikenalkan aplikasi KBBI daring serta diberikan pelatihan untuk mengirimkan kosakata ke aplikasi KBBI,” imbuhnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*