Korsel Garap Kopi & Aren Kepahiang

KopiSEBERANG MUSI, Bengkulu Ekspress – Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi Kepahiang terus berbenah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Usai mendapatkan penghargaan terbaik pertama kelompok masyarakat pengelola hutan desa yang diraih LPHD Depati Junjung, Taba Padang sekarang menggandeng investor asing untuk pengembangan produk pertanian masyarakat.

Yoyon (36) pejabat Pemerintah Desa (Pemdes) setempat mengatakan, sudah ada investor asal Korea Selatan (Korsel) yang bersedia menanamkan modal untuk pengembangan kopi dan aren. Nanti masyarakat akan diajak kerja sama untuk penanaman aren, kemudian hasil panen akan dibeli oleh investor untuk dijual ke luar negeri.

“Ini investor yang bawa pemerintah provinsi, jadi kami harap benar-benar dapat direalisasikan nanti,” ungkap Yoyon.

Menurutnya rencana penandatangan kerjasama antara investor dengan pihak desa akan dilaksanakan berbarengan dengan kunjungan Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah bulan September mendatang.

“Gubernur direncanakan awal September ke sini (Taba Padang), kita berharap ada kepastian mengenai rencana investor Korea untuk kerjasama dengan Desa Taba Padang, karena memang investor itu yang bawa Pemprov,” tuturnya. (320)