Komunitas JBI Latihan Prestasi Burung Daerah

burung-klubHOBI: JBI Bengkulu sebagai komunitas juri lomba burung se-Provinsi Bengkulu, beserta BNR (Boy N Rekan) Indonesia Provinsi Bengkulu, mengadakan latihan prestasi. Latihan yang diadakan di lapangan terbuka Kampung Bali setiap Rabu ini menghandirkan 5 kelompok tanding untuk kota Bengkulu kemarin (16/11).

BENGKULU, Bengkulu Ekepress – JBI Bengkulu sebagai komunitas juri lomba burung se-Provinsi Bengkulu, beserta BNR (Boy N Rekan) Indonesia Provinsi Bengkulu, mengadakan latihan prestasi. Latihan yang diadakan di lapangan terbuka Kampung Bali setiap Rabu ini menghadirkan 5 kelompok tanding untuk kota Bengkulu kemarin (16/11).

Kelas semi pertandingan diantaranya Burung Murai Batu, Kacer, Lopebird, Pleci dan Kenari. Latihan prestasi tersebut diadakan guna melatih kerjasama dari pecinta (pemain) burung Kota Bengkulu menuju agenda besar yang akan diadakan JBI.

Aris Aldina (45), ketua juri BNR Indonesia se-Provinsi Bengkulu dan ketua Bali Community mengatakan, Latihan prestasi tersebut termasuk agenda JBI yang adakan lomba besar se-bulan sekali. “Ini termasuk agenda komunitas JBI serta BNR Provinsi Bengkulu guna melatih kerjasama peserta lomba agar dapat saling mendukung, ” tuturnya.

Selain itu, latihan tersebut juga dalam agenda melatih juri dalam melakukan penilaian. “Ini juga termasuk mengasah penilaian juri, melatih juri dan prestasinya juga ada dari komunitas.” Jelasnya kepada Bengkulu Ekspress.

Untuk lomba JBI lokal, akan diadakan akhir bulan ini bertempat di lapangan terbuka Kampung Bali. Untuk lomba nasional, akan diadakan 27 November di Kaur. “Untuk penilaian sendiri dinilai dari variasi lagu, durasi kerja, volume dan gaya. Untuk meningkatkan kualitas penilaian, kami mengadakan latihan prestasi ini, menuju lomba yang akan diadakan akhir bulan (30/11) dan sebelum berangkat ke lomba Nasional yang akan diadakan di Kaur.” Jelasnya.

Roni Tobing, SH, ketua BNR Provinsi Bengkulu mengatakan, pelatihan tersebut sudah diadakan hapir dua tahun. “Kegiatan ini sudah berjalan selama dua tahun, dulunya Cuma JBI yang mengadakan, tapi sekarang kerjasama dengan BNR,” Tutur Roni.

Roni juga mengatakan, kegiatan ini sangat bagus bagi pecinta burung di Kota Bengkulu. “Kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dari burung yang akan diikutsertakan lomba. Selain lomba dari BNR dan JBI sendiri, mungkin akan ada juga Piala Bupati seperti biasanya, jadi peserta diharapkan siap untuk mengikuti lomba.” Tuturnya.

Untuk mengikuti latihan prestasi, peserta akan dikenakan biaya Rp. 30ribu-50ribu. Uang pendaftaran tersebut akan digunakan untuk pemenang latihan prestasi (piala, sertifikat dan hadiah). Pemenang lomba latihan tersebut diraih juara 1 Burung Cerewet milik Rio Febia A.N, juara dua Queen milik Heru Pratama dan juara ketiga burung milik Fredi Zifenk. (mg1)