Komunitas Club Motor Honda Maju Wakili Bengkulu ke Kontes Safety Riding Nasional 2017 di Surabaya

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Astra Motor Bengkulu selain selaku Main Dealer dan retail sepeda motor Honda di propinsi Bengkulu, mewadahi seluruh club dan komunitas pengguna sepeda motor Honda yang  ada Propinsi Bengkulu.

Pasalnya, Astra Motor Bengkulu selain sebagai retail yang menjual produk Sepeda Motor Honda, juga memiliki program social respond ke masyarakat dengan kampanye keselamatan berkendara, komunitas motor Honda tak luput dari kampanye ini.

“Salah satu kegiatan rutin nya adalah kegiatan edukasi safety riding, club binaan Astra Motor Bengkulu tersebut dibekali materi cara aman berkendara karena para komunitas motor sering melakukan touring ke berbagai tempat, untuk itu mereka juga diharapkan memahami etika berkendara dan turut serta dalam mengkampanyekan program Safety Riding dari Honda,” ujar Jeffry Mei Gamastra, Head Mark. Sub. Dept. Astra Motor Bengkulu

Ditambahkannya, ada beberapa materi safety riding antara lain Etika dan mentalitas berkendara, persiapan berkendara seperti pengecekan motor seperti  bensin, oli, rantai, ban, lampu, baut-baut dan battery, kelengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan jas hujan diberikan kepada para peserta training safety riding.

“Selain itu, juga 7 postur ideal dalam berkendara juga diberikan. Seperti halnya pandangan, bahu, siku, tangan, kaki, pinggul, dan lutut yang aman dan nyaman saat berkendara diatas motor,”.

Lebih lanjut dikatakan Jeffry, Setelah cukup dibekali materi tentang Safety Riding, peserta diharuskan untuk praktek lapangan langsung. Teknik pengereman, slalom, narrow plank dan bumphy road menjadi fokus utama dalam teknik aman berkendara dengan program Safety Riding Honda.

“Setiap tahunnya Honda Bengkulu juga mengadakan kontes keterampilan berkendara khusus komunitas dan club bermotor Honda di bawah naungan Main Dealer Astra Motor Bengkulu.  Dikontes tersebut komunitas motor Honda ini harus mengikuti ujian Contest Papan Keseimbangan/Narrow Plank,” terangnya.

Selanjutnya setelah narrow plank kemudian test berikutnya adalah di pengereman atau disebut Technic Braking yang berfungsi cara pengereman yang baik dan benar. Dan yang terakhir adalah slalom pylon yang berfungsi agar komunitas tahu bagaimana cara bermanuver di tikungan dan tidak membahayakan orang lain.

Ada pun pemenang dalam kontes Safety Riding tahun ini dan akan mewakili Bengkulu di ajang kontes nasional di Kota Surabaya pada tanggal  14 hingga 18 Mei mendatang yaitu keluar sebagai juara 1 dan berhak mendapatkan uang tunai dan ticket pesawat Surabaya PP yaitu  Fachrudiyaz dari Honda Family Ridier.  Juara 2 mendapat uang saku, Febri dari Honda Mega Pro Club Bengkulu,  dan juara 3 mendapat uang tunai, hadiyan dari Honda SupraX 125.

“Ajang ini ditunggu-tunggu oleh komunitas Paguyuban Motor Honda Bengkulu, karena selain dapat jalan-jalannya juga komunitas menurut kami sebagai ambasador dan pelopor keselamatan untuk menaikkan image Honda yang ada di Bengkulu maupun Nasional nanti.” pungkasnya. (koni/rls).