Kodim 041/Gamas BU Sosialisasi KB

Camera 360
ARGAMAKMUR, BE – Kodim 0423/Gamas Bengkulu Utara (BU) bekerja sama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Bengkulu melakukan sosialisasi program Keluarga Berencana (KB) di Markas Kodim 0423/ Gamas, Gunung Selan, Kecamatan Argamakmur, BU pada Senin (6/4).
Hadir dalam sosialisasi itu, Ketua BKKBN Provinsi Bengkulu, Dra Maryana MM; Kasrem, Kolonel Inf Fajar Budiman SIP; Wakil Bupati BU, Ir Mian, dan peserta semua babinsa jajaran Korem 041/Gamas.
Dalam sambutanyam, Ketua BKKBN mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi program KB ini dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ialah mengintregrasikan kegiatan KB dengan TNI. Karena TNI sanggup menjangkau daerah daerah pelosok yang berada di Kabupaten BU belum tersentuh program KB.
Nantinya tugas TNI bukan hanya mengurusi alat kontrasepsi, melainkan diharuskan bertugas mengurusi bina keluarga lansia, bina keluarga anak dan bina keluarga remaja.
“Bukan hanya mengurusi alat kontrasepsi, melainkan juga mengurusi bina keluarga lansia, bina keluarga anak dan bina keluarga remaja. Semuanya demi menekan sekecil mungkin angka kelahiran didaerah terpencil. Saya juga mengajak para babinsa pria menjadi peserta KB, selama ini kan kebanyakan perempuan yang menjadi peserta KB,” ungkap Maryana.
Sementara itu Wakil Bupati Bu, Ir Mian mengatakan program KB harus benar-benar tepat sasaran. Harus diawasi proses pertumbuhan manusia setiap daerah seperti apa dan bagaimana cara efektif menekan angka kelahiran di Kabupaten BU. Ini merupakan tugas dari babinsa yang nanti tersebar di pelosok desa yang ada di Kabupaten BU. dengan mengikuti program ini, maka apa yang kita cita-citakan dapat berhasil. Nantinya harus menjadi komitmen bahwa program KB perlu kita galakkan bersama. Karena di era reformasi ini, data kependudukan setiap saat bertambah menjadi permasalahan karena tingginya pertumbuhan penduduk. Otomatis tingkat kemiskinan juga semakin bertambah.
“Tentunya nanti sasaran utamanya ialah ibu-ibu, tidak menapik kemungkinan pria bisa menjadi peserta KB. Program sosialisasi ini harus berjalan sesuai aturan sehingga hasilnya efektif, jika pertambahan penduduk tidak kita tekan tentunya angka kemiskinan bertambah apalagi untuk daerah pelosok,” ungkapnya.
Sambutan terakir sekaligus membuka penataran motivator keluarga berencana dan sosialisasi pembinaan terotorial bagi Danramil dan Babinsa jajaran korem 041/garuda emas (Gamas) tahun 2015, oleh Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Fajar Budiman SIP yang diwakili oleh Kasrem 041/Gamas Letkol Kav M Jaelani.
Ia mengatakan sosialisasi sekaligus motivasi ini merupakan nota kesepahaman, komitmen dan keinginan bersama pemerintah untuk membangun program KB Nasional. Bahkan dalam program KB ini, Rumah Sakit Militer akan dibangun untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan rumah sakit tidak semerta merta melayani masyarakat yang akan berobat, melainkan untuk memberikan pelayanan program KB kepada masyarakat. TNI bekerjasama dengan BKKBN bertekad mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Dengan mengikuti program ini, maka apa yang kita cita-citakan dapat berhasil. Nantinya harus menjadi komitmen bahwa program KB perlu kita galakkan bersama.
“Program pelayanan KB merupakan rogram nasional, untuk itu kita harus berkomitmen bersama membangun program ini agar berhasil. Untuk para Babinsa harus bekerja sama mebangun program KB ini agar berhasil karena ini program nasional,” demikian.(167)