Kodim 0409 Rejang Lebong Buka Jalan Baru

Ari, Bupati menyerahkan berkas TMMD kepada Dandim 0409 Rejang Lebong disaksikan Danrem 041 Gamas pada acara pembukaan TMMD di Curup kemarin (1)

SELUPU REJANG, BE – Komando Distrik Militer (Kodim) 0409 Rejang Lebong kembali melakukan kegiatan Karya Bhakti TNI di wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Dalam kegiatan Karya Bhakti atau dikenal juga dengan istilah Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), pihak Kodim akan membuka jalan baru sepanjang 4,165 Km dengan lebar 8 meter.

Selain membuka jalan baru, dalam program tersebut Kodim 0409 Rejang Lebong juga akan membuat Plat Deuker sebanyak 9 unit dan pelapis tebing dengan panjang 5 Km. Kegiatan tersebut akan dilakukan di Kelurahan Cawang. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 90 hari terhitung dari tanggal 13 April kemarin hingga 11 Juli mendatang. Kegiatan ini melibatkan dua unsur yaitu Unsur TNI sebanyak 150 orang dan masyarakat sebanyak 150 orang.

Pembukaan kegiatan Karya Bhakti Kodim 0409 Rejang Lebong kemarin dipusatkan dilapangan Koramil 409-05 Curup yang terletak di Kelurahan Simpang Nangka. Hadir dalam kesempatan tersebut Danrem 041 Garuda Emas, Kolonel Inf Fajar Budiman, SIP. Dalam sambutannya Danrem menjelaskan kegiatan Karya Bhakti ini merupakan tugas lain dari TNI selain perang yaitu membantu dalam percepatan pembangunan.

“Kegiatan Karya Bhakti atau TMMD ini sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh masayrakat, selain itu kegiatan seperti ini masih sangat dibutuhkan karena sebagian besar wilayah kita masih pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir,” ungkap Danrem.

Menurut Danrem adanya kegiatan TMMD ini maka daerah-daerah yang masih tertinggal bahkan terislir akan terbuka seiring dengan dibukannya infrastruktur jalan dan infrastruktur penunjang lainnya. Dengan adanya kegiatan tersebut Danrem juga berharap segera bisa mewujudkan suatu daerah yang sejahtera dan mempunyai ketahanan wilayah yang tangguh.

“Korem 041 Garuda Emas siap untuk membantu dan bersama-sama masyarakat dan komponen bangsa lainnya menyumbang tenaga pikiran dan karyanya dengan wujud pelaksanaan adalah kegiatan Karya Bhakti seperti yang kita laksanakan di Desa Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang ini,” jelas Danrem.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM mengucapkan terima kasih atas bantuan TNI selama ini dalam pembangunan di Rejang Lebong khususnya dalam pembukaan jalan baru. Menurut Suherman untuk tahun 2014 lalu Kodim 0409 Rejang Lebong membuka empat jalan baru yaitu di Taba Renah, Jambu Keling, Kayu Manis dan Tanjung Beringin.

“Untuk menindaklanjuti kegiatan TMMD tahun ini, kita akan membangun jembatan sepanjang 60 Meter disalah stau lokasi TMMD yang dilakukan tahun kemarin,” ungkap bupati.

Selain itu, bupati juga mengharapkan agar kegiatan TMMD yang dilakukan tahun ini bisa ditindaklanjuti Pemkab Rejang Lebong pada tahun 2016 mendatang, Karena Menurut menruut Suherman ia tidak bisa melanjutkan lagi lantaran masa jabatannya sebagai bupati akan berakhir pada tahun 2015 ini.

“Kita berharap untuk bupati kedepannya bisa menindaklanjuti hasil kegiatan TMMD ini dengan dihotmix karena itu merupakan bagian dari upaya meneruskan pembangunan,” Harap Suherman.

Dalam kegiatan pembukaan Karya Bhakti Kodim 0409 Rejang Lebong kemarin. Selain Danrem dan Bupati turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim 0409 Rejang Lebong, Kapolres Rejang Lebong, Danyon 144 Jaya Yudha, Ketua PN Curup, Ketua TP PKK Rejang Lebong dan sejumlah pejabat dilingkup pemerintah Kabupeten Rejang Lebong.

Sama dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sebelumnya. Pada kegiatan pembukaan Karya Bhkati kemarin juga dilaksanakan kegiatan Bakti sosial. Kegiatan bakti sosial yang dilakukan mulai dari pemeriksaan kesehatan gratis, sunatan masal hingga pelayanan KB yang dipusatkan di Koramil Curup.(251)