Kinerja Dinas PU Disorot

TAIS, BE – Delapan fraksi DPRD Seluma menyampaikan pandangan akhir terkait RAPBD Seluma. Fraksi-fraksi itu meminta  pemerintah kabupaten (Pemkab) Seluma, mengevaluasi kinerja Dinas Pekerjaan Umum (PU). Pasalnya, Dinas PU dinilai tidak bisa melakukan pembangunan, dikarenakan banyaknya proyek yang tidak tuntas. “Sudah seharusnya Bupati Seluma untuk mengevaluasi kinerja bawahannya, terutama PU yang banyak dikeluhkan warga akibat tidak bisa menyelesaikan pekerjaan fisik,” ujar juru bicara (Jubir) Fraksi Nasdem, Zetman.
Sementara itu, Fraksi Golkar melalui jubirnya Zainal Arifin SSos  juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya sebagian besar pekerjaan fisik yang dikerjakan tak mencapai 50 persen. Kondisi itu mengakibatkan serapan dana pembangunan sangat minim, yang berimbas terjadinya Silpa. “Situasi ini dikarenakan kurangnya pengawasan langsung terhadap pekerjaan fisik yang dikerjakan,” paparnya.
Akibat rendahnya serapan dana, dan tidak terselesaikan pekerjaan fisik itu mengakibatkan warga tidak bisa menikmati pembangunan dengan maksimal. “Sanksi juga harus diberikan bagi kontraktor yang tidak bisa menyelesaikan proyek pekerjaan,” tegasnya.
Terpisah, Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH menegaskan jika masukan dari sejumlah fraksi tersebut merupakan saran yang baik. Sehingga dalam waktu dekat seluruh SKPD akan dilakukan evaluasi kinerjanya. “SKPD teknis akan kita evaluasi termasuk kepala dinasnya akan dievaluasi. Ini dilakukan demi pelaksanaan pembangunan di Seluma kedepannya. (333)