Khawatir Soal Tak Bisa Diunduh

17.298 siswa Ikuti UN

UNBK
Ilustrasi UNBK/BE

BENGKULU, BE– Hari ini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) digelar jenjang SMA/MA se-provinsi Bengkulu. Jumlah siswa yang akan melaksanakan UN sebanyak 17.298 siswa, rincianya 10.281 siswa peserta UNBK, 7.013 siswa perserta UNKP dan 4 siswa SMALB.

Dari 10 kabupaten/kota hanya ada delapan kabupaten/kota yang menggunakan sistem UNBK dan tersebar di 52 sekolah, sisanya menggunakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil.

penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer di kota Bengkulu khawatir mengalami nasib serupa dengan pelaksanaan UNBK SMK, yakni soal tidak bisa diunduh.

H-2 pelaksanaan Ujian Nasional sejumlah sekolah pun mengadakan zikir bersama di sekolah dan berharap UNBK tingkat SMK tidak terulang di jenjang SMA/MA yang akan dilaksanakan pada Senin (10/4).

Kepala SMAN plus 7 Kota Bengkulu, Sarjono SPd menuturkan persiapan yang dilakukan sekolah sudah dilakukan sebaik mungkin dan sudah 100%. ” Harapanya pelaksanaan UNBK berjalan lancar, ” ujarnya.

Ia berharap dalam pelaksanaan nanti dapat berjalan lancar, baik jaringan maupun listrik. Pihak sekolah sudah mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik dan berkoordinasi dengan PLN dan Telkom sehingga tidak ada pemadaman jaringan listrik maupun internet.

Tidak hanya persiapan sarana dan prasarana, kelancaran dan persiapan mental siswa dalam menghadapi UNBK pun dilakukan.

Pagi Sabtu (8/4) di sekolahnya diselenggarakan zikir bersama, dengan mengundang ustad. Selain menyiapkan mental anak, zikir bersama itu mengharapkan bantuan Allah semoga selama pelaksanaan UNBK tidak ada kendala.

Kekhawatiran juga tak ditampik sekolah lain seperti SMAN 2 Kota Bengkulu. ” Semoga aja ngak tidak terulang di jenjang SMA/MA” ungkap kepala SMAN 2 Kota Bengkulu, Drs Bihanuddin MPd melalui wakil kepsek, Mut Marsudi saat dihubungi BE.

UNBK ulang akan berdampak terhadap psikilogis siswa/siswi, ” Kasian anak-anak yang harus ujian susulan lagi, harapanya jangan sampai terjadi, ” ucapnya.

H-1 menghadapai Ujian Nasional berbasis komputer, sekolah sudah melakukan sinkronisasi dan download soal, ” Alhamdulillah berjalan lancar, harapanya saat ujian pun berjalan lancar, ” tandasnya. (247)