Kewaspadaan Harus Ditingkatkan Pemilu di Bengkulu Rawan Curang

indeks kerawanan pemiluBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Bawaslu Provinsi Bengkulu mencatat, wilayah kota termasuk empat besar daerah yang memiliki tingkat kerawanan pelanggaran tertinggi diantara 10 Kabupaten/Kota yang ada di provinsi Bengkulu.

Ditambah, Wilayah Kota di Provinsi Bengkulu menjadi satu-satunya daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang. Bawaslu akan memperketat pengawasan agar tidak terjadi banyak pelanggaran khususnya di wilayah kota Bengkulu.

Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Ediansyah Hasan mengungkapkan, untuk wilayah Bengkulu ada 10 Kabupaten Kota, namun ada empat wilayah yang tingkat kerwanannya kecurangan pemilu yang tinggi.

“Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), penanganan pelanggaran pemilu untuk empat posisi teratas ditempati Kabupaten Kaur, Seluma, Mukomuko dan Kota Bengkulu,” ungkap Edi kemarin (1/10).

Ditambahkan Ediansyah, apalagi hanya wilayak kota Bengkulu yang akan mengalami pemilu serentak 2018 mendatang. Kewaswpadaan harus lebih ditingkatkan. “Tingkat kerawanan tinggi ditambah pemilu serentak, wilayah kota Bengkulu ahrus diawasi ekstra,” tambah Edi.

Menurut Edi, pihaknya akan berkaca pada penyelenggaran pemilu sebelumnya. Baik Pmeligu Gubernur (Pilgub), pemilu Bupati (Pilbup) maupun pemilu legislatif (pileg) yang berlangsung beberapa tahun lalu.

“Berkaca dari pemilu yang lalu kami berupaya utnuk dapat mengantisipasi terjadinya pelanggaran saat pelaksanaan pemilu Walikota (Pilwakot) Bengkulu tahun depan,” sambung Edi.

Diungkapkan Edi, berdasarkan pemilu 2014 dan 2015 yang lalu ada banyak penanganan pelanggaran yang ditangani Bawaslu terutama untuk wilayah Kota, cukup rentan terjadi pelanggaran, meski berada satu wilayah dengan Provinsi.

“Berkaca dari pemilu lalu, banyak pelanggaran di wilayah kota Bengkulu. Kami akan fokus kesini,” ungkap Edi.

Diterangkan Edi, hal itu disebabkan karena kota dekat dengan provinsi sehingga sering terjadi pelanggaran juga.

Artinya, ada instruksi dari provinsi untuk melihat semua pelaksanaan wilayah kota terutama di wilayah kecamatan.

“Berdasarkan instruksi itu, maka kami akan memperlihatkan kinerja Panwaslu mulai dari tingkat kota hingga Kecamatan agar tidak banyak pelanggaran yang terjadi saat pemilu mendatang,” terang Edi.

Bawaslu provinsi juga akan melihat jika ada atribut kampanye yang dipasang di daerah terlarang, itu langsung ditindak dan terkait pelaksanaan pemilu mendatang Bawaslu selalu berupaya agar pelaksanaannya aman, tertib, serta jujur dan bebas dai pelanggaran.

“Kami berupaya mengamankan pemilu dan meminimalisir pelanggaran yang muengkin terjadi khususnya di wilayah kota Bengkulu yang cukup rawan kecurangan,” tukasnya.(999)